Home Entertainment Gaya Hidup Ciamik! 5 Jenis Tanaman Philodendron untuk Hias Rumah Kamu

Ciamik! 5 Jenis Tanaman Philodendron untuk Hias Rumah Kamu

845
0
SHARE
Salah satu Philodendron. Foto: Instagram.com/ @lantai.hijau

Diamma.com- Pada masa pandemi ini, banyak masyarakat mempunyai hobi baru, salah satunya berkebun. Berkebun atau bercocok tanam menjadi tren, karena mayoritas untuk menyibukkan diri atau mencoba hal baru semasa menjalani Work From Home (WFH).

(Baca Juga: Berikut 3 Tanaman Hias yang Cocok untuk Mempercantik Ruangan)

Tanaman hias, sentuhan dan cantiknya warna hijau membuat suasana jadi lebih asri dan segar untuk menghias rumah kamu. Salah satunya Philodendron, tanaman ini ciri khasnya berupa daun berbentuk hati. Bisa dijadikan tanaman rambat atau gantung yang indah. Dari harganya juga bervariasi mulai Rp 15.000 sampai ratusan ribu rupiah.

Untuk Diammania yang ingin mencoba bercocok tanam Philodendron, langsung saja disimak! Berikut lima jenis Philodendron ciamik untuk mempercantik rumah kamu.

1. Philodendron Elephant Ear (Philodendron domesticum)

Philodendron Domesticum. Foto: Pinterest.com

Yang pertama, Philodendron Domesticum atau juga dikenal dengan nama silversword atau spade leaf Philodendron memiliki daun berwarna kelabu kebiruan saat daun masih muda. Jikalau sudah tua, daun akan berubah warna menjadi hijau-kelabu yang cantik. Perawatan tanaman ini gampang-gampang susah lho. Kamu harus rajin memangkas daun tua agar daun baru bisa selalu sehat, dilakukan secara teratur ya!

2. Philodendron Congo Rojo

Philodendron Congo Rojo. Foto: whiteflowerfarm.com

Philodendron yang satu ini merupakan kultivar tergolong baru. Biasanya memiliki ciri daun yang berwarna hijau gelap, lebar dan mengkilap serta mempunyai batang lurus yang lumayan tebal. Jangan khawatir, tanaman ini mudah beradaptasi dengan segala jenis cuaca. Maka, cocok sekali bagi pemula yang ingin belajar untuk merawat tanaman hias.

(Baca Juga: Berikut 5 Jenis Tanaman Hias yang Cocok untuk Mengisi Halaman Rumah)

3. Philodendron Brasil (Philodendron hederaceum)

Memegang Philodendron Brasil. Foto: Unsplash.com/Severin Candrian

Ketiga, ada jenis Philodendron yang hampir mirip dengan sri rejeki yaitu Philodendron Brasil. Memiliki ciri daun hijau berbentuk hati mengkilap dan terdapat guratan kekuningan ditulang daunnya. Tanaman ini salah satu yang tumbuh merambat, jadi sangat cocok untuk menghiasi teras rumah atau pinggir jendela kamar kamu lho.

4. Philodendron Grazielae

Philodendron Grazielae. Foto: gardentags.com

Berbeda dengan Philodendron lainnya, yang satu ini terlihat lucu dan imut dengan memiliki ciri daun berbentuk hati membulat serta warna hijau pupus berkilau. Philodendron Grazielae memang agak sedikit lambat pertumbuhannya dibanding yang lain, sehingga kamu harus lebih telaten dalam merawat tanaman jenis ini.

(Baca Juga: Inilah 4 Tanaman Hias yang Cantik dan Cocok Berada di Pekarangan Rumah)

Salah satu tips untuk memelihara tanaman hias tersebut, sebaiknya kamu harus menancapkan kayu sebagai penopang agar tanaman terlihat lebat dengan tumbuh ke atas.

5. Heartleaf Philodendron (Philodendron hederaceum)

Philodendron Heartleaf. Foto: pinterest.com

Terakhir, ada Philodendron yang cocok bagi pemula untuk mulai merawat tanaman hias. Dikenal juga dengan nama Philodendron Scandens, tanaman hias ini mudah sekali beradaptasi terhadap lingkungan di sekitarnya.

Ciri dari Philodendron jenis ini, memiliki daun berbentuk hati dan tumbuh menyulur atau merambat. Tanaman tersebut juga bisa tumbuh setinggi 10 sampai 15 sentimeter bahkan di dalam ruangan. Perawatannya sangat mudah lho, namun harus telaten juga ya Diammania.

Nah, itulah lima rekomendasi tanaman hias jenis Philodendron. Diammania lebih suka yang mana nih? yuk waktunya bercocok tanam untuk menghiasi rumah kamu.

Penulis: Nafis Arsaputra
Editor: Rianty Danista