Home Entertainment Gaya Hidup Berikut 5 Jenis Tanaman Hias yang Cocok untuk Mengisi Halaman Rumah

Berikut 5 Jenis Tanaman Hias yang Cocok untuk Mengisi Halaman Rumah

190
0
SHARE
Potret aneka macam tanaman hias. Foto: SINDOnews

Diamma.com- Pemerintah Indonesia tak pernah berhenti untuk mensosialisasikan mengenai protokol Kesehatan 5M yang terdiri dari mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker, menjauhi kerumunan dan membatasi mobilitas.

Melansir dari Google News, Covid-19 di Indonesia tercatat data pasien positif terus bertambah mencapai 1.398.578 orang terjangkit dengan total yang meninggal sebanyak 37.932 orang.

Bagi Diammania yang masih setia membatasi aktivitas dengan tetap di rumah demi mengurangi persebaran Covid-19 di tanah air, kalian bisa mencoba hal – hal menyenangkan seperti bercocok tanam. Selain membuat rumah menjadi asri dan cantik, tanaman hias juga mempunyai manfaat bagi kesehatan mental.

Penasaran? Berikut telah Diamma.com rangkum tanaman hias yang asri dan cantik:

1. Lidah Mertua

Potret tanaman hias lidah mertua. Foto: Ask Wet & Forget

Tanaman hias seperti lidah mertua, bunga mawar, dan peace lily dapat dijadikan pengharum alami lho guys. Wangi yang ditebarkan oleh ketiga tanaman tersebut menghasilkan harum yang segar juga wangi, dengan merawat tanaman ini juga bisa menghilangkan bau tak sedap. Tanaman ini pun memiliki bentuk indah, sehingga rumah ataupun ruangan kalian tampak sejuk.

Studi yang dilakukan oleh NASA mengungkapkan bahwa tanaman yang hidup dapat menjernihkan udara, karena fungsi dari tanaman hidup ini ialah menghancurkan bahan kimia organik yang mudah menguap dari karpet, tas belanja dan bahkan buku.

(Baca Juga: Di Rumah Saja? Yuk, Intip Budidaya Tanaman Hias Bagi Pemula)

2. Lavender dan Melati

Potret tanamah hias lavender. Foto: melodymasion.co.uk

Masa pandemi ini beberapa orang mengalami pola tidur yang terbalik, hal tersebut biasanya disebabkan oleh tidur siang yang terlalu lama atau mengalami susah tidur (insomnia). Jenis tanaman yang cocok untuk kalian yang mengalami hal tersebut yakni Lavender dan Melati.

Mulai sekarang coba untuk menanam lavender dan melati agar tidur yang dihasilkan lebih berkualitas dan nyenyak, sehingga di pagi hari tubuh menjadi sehat dan bugar. Tanaman berbunga ini mampu menurunkan detak jantung dan tekanan darah, serta mengurangi kecemasan, stres, dan rasa sakit yang biasa mengganggu tidur.

3. Sirih Gading

Potret tanaman hias sirih gading. Foto: cityofsisterlylove.com

Sirih Gading atau yang dikenal dengan nama devil’s ivy bisa dikatakan salah satu yang lebih mudah untuk dirawat. Sirih Gading merupakan jenis tumbuhan merambat yang mudah ditanam di tanah, dalam pot, bahkan dalam botol yang hanya berisikan air.

Dalam laporan NASA yang berjudul  “A Study of Interior Landscape Plants for Indoor Air Pollution Abatement” (1989), bahwa Sirih gading (Epipremnum aureum) dapat membersihkan udara dalam ruangan dari racun-racun seperti benzene, formaldehida, xylene, dan toluene.

4. Eucalyptus

Potret minyak eucalyptus. Foto: pinterest

Dalam gejala Covid-19 terdapat flu dan batuk, namun diiringi juga dengan hilangnya penciuman dan sebagainya. Tanaman eucalyptus berfungsi sebagai dekongestan alami yang memiliki efek melegakan sehingga hanya dengan menghirup aromanya, batuk berdahak, pilek dan hidung tersumbat pun akan kembali lega.

Melansir dari Alodokter, eucalyptus merupakan jenis tanaman yang daun dan minyaknya dapat digunakan untuk membuat obat, di mana penggunaan minyak tanaman ini sangat banyak, yakni digunakan untuk produk farmasi, pengharum, antiseptik, hingga penggunaan dibidang industri.

(Baca Juga: Berikut 3 Tanaman Hias yang Cocok untuk Mempercantik Ruangan)

5. Lidah Buaya

Potret tanaman lidah buaya. Foto: Tokoh Inspiratif

Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan aloe vera atau lidah buaya di beragam produk kecantikan untuk kelembaban kulit wajah. Perlu diperhatikan adalah buah dari tanaman lidah buaya ini bisa dijadikan obat untuk menurunkan kadar gula darah, mual dan nyeri hanya dengan mengkonsumsi jus lidah buaya sebanyak dua sendok.

Tidak hanya itu, tanaman yang berwarna hijau serta memiliki duri di setiap pinggirnya ini juga cocok untuk diletakan dalam ruangan, untuk menambah kecantikan dan memberikan kesan estetika, sekaligus dapat mengurangi stres akibat pekerjaan atau penatnya hidup.

Penulis: Siti Anissa
Editor: Donny Alamsyah