Home Entertainment Di Rumah Saja? Yuk, Intip Budidaya Tanaman Hias Bagi Pemula

Di Rumah Saja? Yuk, Intip Budidaya Tanaman Hias Bagi Pemula

650
0
SHARE
Ilustrasi saat budidaya tanaman hias. Foto: Gardening.id

Diamma.com- Selama pandemi Covid-19, banyak masyarakat yang berada di rumah saja beralih profesi, bukan hanya sekadar profesi, tetapi juga untuk menyalurkan hobi serta mengurangi rasa jenuh. Ya, memulai untuk bercocok tanam, baik itu tanaman hias maupun sayur-sayuran, buah-buahan, dan lainnya.

Bagi pemula jika ingin memulai bercocok tanam terutama pada tanaman hias, hal yang perlu diperhatikan selain pohon atau bibitnya yaitu tingkat kesulitan dalam hal perawatan tanaman yang kalian pilih. Jika, tanaman yang kalian pilih sulit untuk dirawat, maka perlu memiliki tingkat kesabaran yang tinggi.

Nah, oleh sebab itu, yuk lihat beberapa tips yang udah diamma.com rangkum untuk kalian yang baru mulai mencoba budidaya tanaman hias. Simak Ya!

  • Memilih Jenis Tanaman Hias

Tentukan jenis tanaman hias yang mudah untuk dirawat dan tidak mudah terserang hama. Pilihlah tanaman dengan harga yang relatif murah karena ini menjadi kesempatan pertama dalam mencoba untuk merawat tanaman hias.

  • Siram Tanaman dengan Teratur

Siram minimal dua kali sehari pada pagi dan sore hari. Siram dengan air dari selang atau gembor. Jangan lupa untuk siram pada media tanam dan bagian daun, hal ini dilakukan sekaligus untuk membersihkan kotoran yang menempel di daun.

  • Beri Pupuk yang Sesuai Agar Tumbur Subur

Hal tersebut dilakukan agar tanaman memperoleh nutrisi untuk tumbuh. Selain itu, pemberian pupuk dilakukan sebagai upaya untuk mempertahankan kesuburan media tanaman sehingga tumbuh subur dengan optimal.

Adapun pemberian pupuk dilakukan dengan cara ditaburkan ke media tanam atau juga dilakukan bersamaan dengan penyiraman sehingga lebih efisien. Untuk ukuran dan frekuensi pemupukan dan penyiraman dapat disesuaikan dengan kebutuhan tanaman.

  • Pangkas dengan Rutin Tanaman Hias agar Indah  

Pemangkasan dilakukan terhadap tanaman hias dalam bentuk daun atau bunga. Hal tersebut berguna untuk menjaga estetika atau keindahan dari tanaman hias itu sendiri. Sebab, tanaman hias nilai jualnya juga ditentukan oleh kedua aspek tersebut. Maka, untuk menjaga tanaman hias agar tetap indah, harus dilakukan pemangkasan secara rutin dan teratur.

  • Manajemen Penanggulangan Hama dan Penyakit

Untuk mencegah hama dan penyakit, dapat dilakukan dengan melakukan penyemprotan insektisida dan fungisida  serta selalu menjaga kebersihan, sanitasi dan kelembaban lingkungan tempat tanaman tumbuh.

Nah, itu dia Diammania tips-tips untuk pemula yang ingin bercocok tanam. Namun,perlu diingat, kalian juga harus memiliki kesabaran ekstra dalam merawat tanaman hias.

Penulis: Berthy Johnry
Editor: Rahma Angraini