Home Entertainment Gaya Hidup Berikut 3 Tanaman Hias yang Cocok untuk Mempercantik Ruangan

Berikut 3 Tanaman Hias yang Cocok untuk Mempercantik Ruangan

70
0
SHARE
Ilustrasi tanaman di dalam ruangan. Foto: pixabay.com

Diamma.com- Memiliki waktu di rumah saja selama pandemi Covid-19 yang belum kian mereda, membuat banyak aktivitas serta kesibukan baru. Salah satunya memelihara tanaman hias, selain untuk menciptakan suasana asri bisa juga menjadi refleksi diri yang penat.

Tak hanya itu, keindahan rumah sekaligus mengasah kreativitas dalam mendekorasi rumah juga bisa dipakai memelihara dan merawat tanaman hias.

Beberapa tanaman hias yang cocok di dalam ruangan dan juga mudah dirawat bisa kita temukan dan aplikasikan. Simak yuk beberapa rekomendasi tanaman hias yang mudah perawatannya:

1. Philodendron

Memiliki daun yang lebar ciri tanaman Philodendron. Foto: plantingman.com

Salah satu tanaman hias yang cocok sekali untuk mempercantik ruang tamu bahkan kamar tidur sekalipun. Tanaman tropis ini merupakan salah satu tanaman yang mudah perawatannya, selain itu tanaman yang mudah beradapatasi bisa kalian taruh di bawah sinar matahari langsung maupun tak langsung.

Dari segi perawatan, tanaman ini yang terpenting dijaga tingkat kelembapannya secara konsisten. Siram tanaman ketika sudah kering, jikalau kalian menaruhnya di dalam ruangan pastikan untuk membersihkan daunnya yang lebar dari tumpukan debu karena menghambat fotosintesis.

(Baca Juga: Di Rumah Saja? Yuk, Intip Budidaya Tanaman Hias Bagi Pemula)

2. Lavender

Inspirasi penanaman Lavender di dalam ruangan. Foto: pinterest.com

Tanaman yang satu ini, cukup unik yang memiliki wangi semerbak dan bisa juga menjadi pilihan untuk di aplikasikan di dalam ruangan. Tanaman berwarna ungu ini merupakan tanaman yang hidup di daerah ketinggian 600 mdpl ke atas. Khasiat dari wangi tanaman Lavender bisa mencegah nyamuk-nyamuk di sekeliling ruangan lho, karena bunga Lavender mengandung senyawa polifenol yang mencegah radikal bebas dan sel kanker.

Perawatan untuk tanaman ini tidak terlalu sulit. Hindari menaruh tanaman di tempat yang terkena matahari langsung dan jangan terlalu sering menyiram dan jangan juga dibiarkan terlalu kering. Direkomendasikan menggunakan pupuk kompos untuk mempercantik pertumbuhannya.

3. Kaktus

Tanaman Kaktus dan Sukulen cantik dengan vas bermotif. Foto: pixabay.com

Tak lain dan tak bukan kaktus, dari namanya saja kita sudah bisa terbayang kaktus yang hidup di tengah gurun dan bersuhu panas. Tanaman ini juga merupakan salah satu yang minim perawatannya. Dalam urusan dekorasi rumah kalian juga sangat cocok ditaruh di kamar tidur atau sekitar rumah.

(Baca Juga: Terbukti Berkhasiat, Berikut 4 Manfaat Tanaman Centella Asiatica bagi Kulit Wajah)

Minim perawatan, tanaman ini cukup kalian semprot saja dengan spray satu minggu sekali lho untuk menjaga kelembapannya. Khasiat tanaman kaktus juga dapat mengurangi gejala flu dan batuk secara fungsi kaktus yang membantu membersihkan udara di ruangan.

Dari ketiga tanaman hias, manakah yang kalian suka? Yuk saatnya merawat dan memelihara tanaman hias yang cocok untuk mempercantik ruanganmu.

Penulis: Nafis Arsaputra
Editor: Rianty Danista