Home Travel Destinasi Indahnya Leuwi Tonjong, Sungai yang Diapit Dua Tebing di Garut

Indahnya Leuwi Tonjong, Sungai yang Diapit Dua Tebing di Garut

439
0
SHARE
Surga tersembunyi Leuwi Tonjong yang berada di Garut. Foto: desa merdeka




Diamma.com- Indonesia memiliki tempat yang banyak objek wisata eksotis, salah satunya Leuwi Tonjong. Berlokasi di kawasan Kampung Rentog, Desa Jayamukti, Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Keindahan pegunungan dan air terjun ini sangat cocok untuk memanjakan mata kalian. Wajib Diammania kunjungi bersama keluarga, teman, dan orang tersayang.

Leuwi Tonjong merupakan aliran dari sungai Cihurip yang diapit dua tebing setinggi 90-210 m. Memiliki ciri khas tersendiri, yakni terdapat dua tebing saling berimpitan tersebut. Di bagian tengah, juga ada curug kecil dan air mengalir di antara sela-sela bukit. Uniknya, Leuwi Tonjong mirip dengan objek wisata di Phuket Thailand.

(Baca Juga: Berikut Deretan Wisata Alam Curug di Bandung Barat yang Bisa Kamu Nikmati)

Wisata ini tidak hanya untuk berfoto saja, tetapi kalian bisa berenang dan mendirikan tenda (camping ground). Biaya masuk Leuwi Tonjong cukup terjangkau dengan mengeluarkan Rp 10.000 per orang. Di sana juga bisa menyewa rakit dari warga setempat seharga Rp 5.000, sekaligus menambah pesona alam Sungai Cihurip.

Karena belum banyak orang ketahui, tempat ini masih mempertahankan pesona alaminya. Air yang mengalir di sungai tersebut masih bersih dan jernih hingga berwarna biru kehijauan. Sungai ini dikelilingi oleh tebing yang ditutupi lumut dan hutan liar. Sangat cocok untuk Diammania yang sedang mencari ketenangan saat lelah dengan suasana Ibukota.

(Baca Juga: Curug, Surga Tersembunyi di Bogor yang Wajib Dikunjungi untuk Liburan)

Leuwi Tonjong mendapat penghargaan dari Kementerian Pariwisata RI. Objek wisata ini menyabet juara dua sebagai ‘Surga Tersembunyi’ terbaik dari Kemenpar. Julukan tersebut memang sangat tepat jika melihat kondisinya.

Akses menuju ke sana memang penuh tantangan untuk para wisatawan, karena dibarengi dengan minimnya petunjuk arah dan transportasi, seperti kendaraan umum. Hal ini, dikarenakan lokasinya masuk ke pelosok hutan. Wisatawan harus mengeluarkan usaha ekstra untuk bisa sampai ke Leuwi Tonjong, salah satunya banyak bertanya pada warga lokal.

Ketika sudah sampai di sana, tidak langsung bisa melihat keindahan Leuwi Tonjong tetapi kita harus menyiapkan fisik yang cukup. Karena butuh waktu dan tenaga yang mengharuskan jalan kaki sekitar 20-30 menit dari area parkir atau bisa menyewa ojek sekitar 10 menit saja dengan harga kisaran Rp 20.000.

Jangan lupa tetap menjaga kebersihan ya Diammania!

Penulis: Anindita Safira
Editor: Rianty Danista