Home Travel Destinasi Berikut Deretan Wisata Alam Curug di Bandung Barat yang Bisa Kamu Nikmati

Berikut Deretan Wisata Alam Curug di Bandung Barat yang Bisa Kamu Nikmati

147
0
SHARE
Curug Cimahi, Bandung Barat. Foto: Instagram/rbihsan

Diamma.com – Wisata Lembang terkenal akan perkembangannya yang begitu pesat. Keindahan alamnya yang sungguh asri dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk mengembangkan pariwisata dan juga kreativitas.

Tak hanya itu, alam terbuka dan udara sejuk menjadikan Lembang diminati banyak wisatawan. Kali ini diamma.com akan memberikan rekomendasi wisata alam di Lembang, Bandung Barat yang bisa kamu jadikan sebagai destinasi berlibur bersama keluarga, pacar, teman, maupun kerabat.

1. Curug Cimahi (Rainbow Waterfall)

Provinsi Jawa Barat kaya akan wisata alamnya, terutama curug. Salah satu curug tertinggi yang ada dari sekian banyaknya curug adalah Curug Cimahi. Dikenal dengan Rainbow Waterfall, wisata ini sudah terkenal hingga mancanegara. Air terjun dari aliran Sungai Cimahi tersebut memiliki ketinggian hingga 87 meter.

Disebut sebagai Rainbow Waterfall sebab dibalik tebing air terjunnya ditanam lampu-lampu cantik berwarna-warni bak pelangi. Itu mengapa setiap sore menjelang malam, air terjun akan semakin cantik untuk dinikmati. Tak hanya itu, di curug ini juga banyak spot foto menarik yang instagrammable, lho.

Perjalanan untuk sampai di depan Air Terjun Cimahi, diperlukan sedikit tenaga untuk menuruni anak tangga yang tersedia. Tapi tenang saja, karena jalurnya tidak begitu curam karena memang sudah diperbaharui sebagai objek wisata alam. Fasilitas untuk umumnya pun sudah terbilang lengkap, seperti musala, toilet, warung-warung, dan lain sebagainya.

2. Curug Tilu Leuwi Opat

Curug yang dibuka sejak tahun 2006 lalu, menjadi salah satu daya tarik wisatawan yang ingin berkunjung ke wilayah Lembang. Curug Tilu Leuwi Opat ini terdiri dari 4 curug dan 4 Leuwi (lubuk) yang dapat ditemukan selama perjalanan menuju tempat tertinggi yakni Curug Tilu Leuwi Opat. Tak hanya ada pepohonan yang rindang beserta air mengalir yang deras, di tempat tersebut juga terdapat Goa Lalay dan Goa Toke. Jadi banyak sekali yang dapat dieksplor jika berkunjung.

Lokasinya berada di Jalan Kp. Ciwangun Indah, Cihanjuang, Kecamatan Parongpong, Lembang, Bandung Barat. Memerlukan waktu kurang lebih 20 menit perjalanan kaki dengan akses naik turun bebatuan, dan menyebrangi aliran air sungai. Bagi para pecinta alam dan senang menguji adrenalin, tepat sekali jika berkunjung ke sini.

Dengan luas area kisaran 5 Hektar tersebut, terdapat banyak kegiatan yang dapat dilakukan, seperti arum jeram, body rafting, flying fox, paint ball, rappeling, camping, dan masih banyak aktivitas seru lainnya. Tak dipungut biaya yang cukup mahal, karena per orang hanya akan dikenakan Rp10 ribu, dan sudah bisa menikmati suasana sejuk, tenang, dingin, dan pemandangan alam yang cantik.

3. Curug Bellarosa

Curug Bellarosa. Foto: Instagram/wibowo_rider

Curug Bellarosa sebelumnya dikenal warga setempat dengan nama lain yakni Curug Keraton. Kini pun tempat sederhana ini disulap menjadi objek wisata yang terawat dan indah untuk dinikmati. Perubahan tersebut terjadi sesaat setelah pihak pemerintahan yakni Perhutani mendorong perkembangan objek wisata tersebut, oleh sebab itu pula akhirnya nama tempatnya pun seiring berubah menjadi Curug Bellarosa.

Lokasi curug ini tepatnya berada di Desa Suntenjaya, Cibodas, Lembang, Bandung Barat. Tak jauh dari wisata Kampung Pasir Angling, tempat ini mudah ditemui. Tetapi tiba di lokasi, masih memerlukan tracking tipis yang membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit. Lamanya waktu menempuh perjalanan hingga tiba di titik tujuan memang cukup lama jika dibayangkan. Tapi dijamin tidak akan begitu terasa jauh, sebab ditemani pepohonan menjulang tinggi dan pemandangan alam lain disekitarnya.

Tak hanya itu, fasilitasnya juga sudah terbilang lengkap, mulai dari saung sebagai tempat peristirahatan, warung-warung penjaja makanan, area pemancingan, fasilitas bermain seperti jungkat-jungkit kayu, dan banyaknya spot foto menarik. Salah satu spot foto yang paling diminati adalah Batu Cinta. Batu Cinta ini sebenarnya merupakan tempat yang diperuntukkan sebagai api unggun, tapi bentuknya yang unik dijadikan sebagai incaran untuk berfoto.

Penulis: Wiji Adinda Putri
Editor: Rahma Angraini