Home Travel Destinasi Sekilas Mengenai Keindahan Bawah Laut Taman Nasional Bunaken yang Dapat Kamu Rasakan

Sekilas Mengenai Keindahan Bawah Laut Taman Nasional Bunaken yang Dapat Kamu Rasakan

420
0
SHARE
Pesona bawah laut Taman Nasional Bunaken, Teluk Manado, Sulawesi Utara. Foto: Instagram/ @graceywakary00

Diamma.com- Indonesia merupakan salah satu negara yang banyak memiliki keindahan alamnya, sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai destinasi wisata. Salah satunya yaitu Taman Nasional Bunaken. Terletak di Teluk Manado, Sulawesi Utara ini dijadikan sebagai wisata bahari karena keindahan bawah laut yang masih terjaga serta mampu memanjakan mata para turis yang datang.

(Baca Juga: Indahnya Pemandangan Pantai Kesirat, Cocok Bagi Penikmat Senja!)

Taman Nasional Bunaken sendiri merupakan situs warisan dunia yang sudah diakui oleh UNESCO pada tahun 2005, hal ini dikarenakan agar ekosistem di bawah laut tetap seimbang dan terjaga. Tak hanya itu, terdapat lima pulau yang termasuk ke dalam Taman Nasional Bunaken, yaitu Pulau Manado Tua, Pulau Siladen, Pulau Mantehage, Pulau Naeh, dan Pulau Bunaken.

Melansir dari Indonesia.travel, untuk ke Taman Nasional Bunaken kalian bisa menjangkaunya menggunakan perahu motor dengan jarak tempuh 40 menit dari pelabuhan Manado.

Untuk tiket masuknya pun wisatawan lokal hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 5 ribu, sedangkan untuk wisatawan asing sebesar Rp 150 ribu. Namun, jika wisatawan ingin snorkeling ataupun diving akan dikenakan biaya tambahan yaitu masing-masing sebesar Rp 150 ribu dan Rp 2 juta.

Jika kalian ingin mengunjungi Bunaken, sebaiknya di antara bulan Mei sampai Agustus, karena kondisi air yang jernih dan jarak pandang saat menyelam dapat mencapai titik maksimal. Serta, hindari bulan Desember sampai Januari, dikarenakan keadaan laut pada kondisi pasang dan air laut cenderung kotor akibat sampah yang terbawa arus.

(Baca Juga: Menikmati Indahnya Wisata Sejarah Bawah Laut Morotai, Maluku Utara)

Laut Bunaken dianggap sebagai surga air karena para wisatawan yang datang dapat memanjakan mata mereka dengan snorkeling ataupun scuba diving. Bunaken sendiri memiliki banyak sekali biota laut yang beragam, seperti terdapat 13 jenis terumbu karang serta 91 jenis ikan yang dapat dijumpai saat kalian menyelam di perairan tersebut.

Ada beberapa titik terbaik untuk melakukan snorkeling maupun scuba diving di Taman Nasional Bunaken, setidaknya ada 20 spot diving dan 12 di antaranya dapat ditemukan di Pulau Bunaken itu sendiri.

(Baca Juga: Menakjubkan! Berikut Wisata Alam di Dunia yang Harus Dikunjungi Sekali Seumur Hidup)

Melansir dari Indonesia.travel, sebagian besar penyelaman dilakukan di Pulau Bunaken dan Manado Tua, karena banyaknya lokasi yang bagus. Ada beberapa titik penyelaman di kawasan tersebut, seperti Tembok Lekuan (I, II, III) Tembok panjang di Bunaken ini terbagi menjadi tiga lokasi: Lekuan I, II dan III. Ketiga titik tersebut merupakan yang terbaik ada di Taman Nasional Bunaken.

Sementara itu, jika tidak ingin menyelam, kalian juga dapat menjelajahi pulau dengan berjalan kaki atau naik perahu untuk berpindah dari satu tempat menyelam ke tempat lain. Hanya berjalan-jalan di sekitar pantai juga sudah merupakan pengalaman yang paling menyenangkan.

Penulis: Rahma Angraini
Editor: Rianty Danista