Home Travel Destinasi Menikmati Indahnya Wisata Sejarah Bawah Laut Morotai, Maluku Utara

Menikmati Indahnya Wisata Sejarah Bawah Laut Morotai, Maluku Utara

32
0
SHARE
Salah satu bangkai transportasi peninggalan Perang Dunia II. Foto: morotaiindonesia.com/Iqbal Barcham

Diamma.com – Morotai merupakan pulau kecil yang letaknya di Halmahera Utara, Kepulauan Maluku Utara. Menjadi salah satu lokasi Perang Dunia ke-II pada tahun 1944 ini, menjadikan saksi bisu kisah pilu para veteran dalam kisah sejarah saat itu. Menilik lebih lanjut apa yang ada di Kepulauan Morotai, bisa melalui kunjungan ke museum bawah laut. Spot yang disebut sebagai wreck diving ini menyimpan banyak peninggalan berupa bangkai kendaraan yang dikenakan saat Perang Dunia II.

Lokasinya berada di Desa Wamama, dengan jarak tempuh kurang lebih 15 – 20 menit dari Kota Daruba. Sesuai dengan letak wilayahnya, maka akrab dikenal wisata ini dengan Wawama Wreck Dive/Wawama Wreck Point. Bawah laut yang dihiasi dengan berbagai koral yang memesona, ternyata menyembunyikan bukti kisah sejarah di Morotai. Oleh sebab itu, mengapa dinamakan sebagai Museum Bawah Laut Perang Dunia ke-II. Segala jenis peralatan yang digunakan untuk tempur oleh Sekutu terkubur dalam lautan tersebut.

“Di kedalaman 25 meter, terdapat bangkai Jeep Willys yang masih tampak utuh, dengan ban dan setir kemudi yang tampak gagah. (dan) di kedalaman 40 meter, kita bisa melihat bangkai pesawat pengebom Bristol Beuford milik Sekutu,” keterangan yang diperoleh dari Nila Matsuna, reporter iNews yang dilansir dari NEWS MNCTV.

Sensasi wisata edukasi bercampur dengan keindahan bawah laut yang memesona menjadikan pengalaman baru yang seru dan tak terlupakan. Jika ingin merasakan pengalaman satu ini ada tips yang dapat dijadikan pengetahuan saat menyelam, yaitu memulainya saat air laut hendak pasang dan waktu normal menyelam hanya 45 – 50 menit, dilansir dari Morotai Indonesia.

Penulis: Wiji Adinda Putri
Editor: Rahma Angraini