Home Travel Destinasi Mengulik Kisah Sejarah dan Peninggalan Perang Dunia II di Morotai

Mengulik Kisah Sejarah dan Peninggalan Perang Dunia II di Morotai

42
0
SHARE
Museum Swadaya Perang Dunia II di Morotai. Foto: wonderful.pulaumorotaikab.go.id

Diamma.com– Menjadi salah satu lokasi bersejarah pada Perang Dunia ke II tepat tanggal 15 September 1944, Kepulauan Morotai menyimpan banyak peninggalan dan kisah sejarah tersebut. Sebagai cucu dari prajurit perjuangan pada saat itu, Mukhlis Eso kini mendirikan museum sederhana peninggalan barang bersejarah Perang Dunia II.

(Baca Juga: Nikmati Suasana Indahnya Bali dalam 24 Jam, Cocok untuk Backpackeran!)

Tempat yang diberi nama Museum Swadaya Perang Dunia II ini, terletak di Desa Daruba, Morotai dan masih dalam satu bangunan dengan rumah milik Mukhlis. Sebagai pemerhati sejarah, Mukhlis bertekad untuk mencari, mengumpulkan, dan merawat barang peninggalan yang masih banyak tersebar di sekitar Pulau Morotai.

“Dari kakek saya yang sering cerita tentang masuknya Jepang, masuknya Amerika. Nah di situlah saya tertarik. Kakek saya bercerita bahwa di Hutan Morotai masih banyak tersimpan tinggalan-tinggalan sejarah Perang Dunia II, seperti dog tag, morphine (morfin), uang koin, sama yang lainnya seperti sirine. Nah di situlah saya penasaran, akhirnya saya cari. Ternyata ada,” ungkap alasan Mukhlis Eso dalam membentuk Museum Swadaya Perang Dunia II, melansir iNews.

(Baca Juga: Pesona Wisata Gili Iyang, Pulau Kadar Oksigen Tertinggi Kedua di Dunia)

Seperti yang diungkapkan oleh Mukhlis, koleksi di dalam museum terbilang cukup lengkap. Barang-barang yang adapun antara lain senjata api beserta amunisinya, peralatan makan, logam-logam, hingga pada botol minuman. Ia mengoleksi berbagai peninggalan dari tentara Jepang hingga Sekutu. Tak cukup hanya barang yang terpajang dalam museum, lukisan atau mural pada dinding yang seakan menceritakan suasana para tentara Indonesia, serta terdapat pajangan foto-foto sejarah.

Wisata edukasi ini pun menarik masyarakat untuk berkunjung dan mengulik langsung dari cerita Perang Dunia ke II di Morotai.

“Kalo yang selama ini kita lihat kan dari buku saja, itukan kurang ya. Jadi begitu liat sendiri bukti-bukti Perang Dunia II itu merinding sih jujur. Jadi pokoknya sebuah pengalaman yang menarik sih,” pengakuan Hani, salah seorang pengunjung,

Sudah menemukan banyak barang peninggalan seperti senjata dan pelengkap lainnya, ternyata hingga saat ini pun masih banyak tersimpan layaknya selongsong peluru yang tersebar luar diseluruh penjuru Morotai.

Apakah kamu tertarik mengupas sejarah di Morotai?

(Baca Juga: 5 Tempat Angker di Jakarta yang Penuh Mistis)

Penulis: Wiji Adinda Putri
Editor: Faradina Fauztika