Home News Internasional Fakta Joan Mir, Sang Juara Dunia MotoGP 2020

Fakta Joan Mir, Sang Juara Dunia MotoGP 2020

33
0
SHARE
MotoGP umumkan Joan Mir sebagai Juara Dunia 2020. Foto: Twitter.com/ MotoGP

Diamma.com- Pembalap asal Spanyol, Joan Mir dipastikan menjadi Juara Dunia setelah menempati posisi ketujuh pada seri balapan Valencia yang digelar pada Minggu (15/11).

Kini, Joan Mir telah meraih 171 poin, yang tidak mungkin disusul oleh saingan terberatnya, Franco Morbidelli, pembalap dari tim Petronas Yamaha SRT. Meskipun selisih 29 poin, Morbidelli harus puas berada di peringkat kedua.

Tak hanya itu, Joan Mir juga menjadi pembalap MotoGP termuda yang meraih gelar Juara Dunia, lho! Berikut fakta menarik Joan Mir pada MotoGP 2020:

  1. Menjadi Salah Satu Pembalap Termuda yang Meraih Gelar Juara Dunia

    Pembalap Suzuki Ecstar ini menyabet gelar pada usianya yang ke 23 tahun 75 hari. Ia berada di urutan ketujuh sebagai pembalap termuda yang meraih gelar MotoGP. Sementara ini, Marc Marquez masih menjadi peraih gelar termuda yang saat itu berusia 20 tahun 266 hari.
  1. Pertama Dalam Sejarah, Mantan Juara Moto3 Raih Gelar MotoGP
    Pada 2012, pembalap kelahiran 1 September 1997 ini juara Moto3 yang menggantikan kelas 125 cc. Saat itu, dirinya berada di tim Leopard Racing-Honda. Kemenangan itu menjadikan dirinya naik kelas ke Moto2. Kini, Joan Mir menyabet gelar kampiun MotoGP bersama tim Suzuki Ecstar.
  1. Hanya Menang Satu Kali
    Siapa sangka Joan Mir hanya meraih satu kali kemenangan, yaitu pada saat seri balapan Eropa. Hal ini menjadikan dirinya juara dunia yang dengan kemenangan paling sedikit sepanjang sejarah MotoGP.

    Saat ini, Eslie Graham (1949), Umberto Masetti (1950, 1952) dan Nicky Hayden (2006) masih memegang rekor tersebut dengan hanya meraih dua kemenangan.
  1. Pembalap Suzuki yang Juara Dunia Setelah 20 tahun
    Joan Mir menjadi pembalap Suzuki kedua yang meraih Juara Dunia pada kelas premier. Sebelumnya, Kenny Roberts Jr membawa nama Suzuki pada title juara dunia di tahun 2000.
  2. Pembalap Suzuki ke-10 dengan Gelar Juara Dunia
    Setelah penantian 20 tahun, Suzuki menyabet title juara dunia melalui Joan Mir. Ia menjadi pembalap ke-10 yang berhasil meraih kampiun pada kelas premier.
  3. Tujuh Kali Naik Podium
    Selama musim 2020, Joan Mir menunjukkan konsistensinya di setiap balapan. Ini terbukti karena dirinya tujuh kali naik podium dalam 13 seri balapan. Pencapaian ini menjadi yang pertama dalam dua dekade.

    Penulis: Faradina Fauztika
    Editor: Indira Difa Maharani