Home Travel Destinasi Pesona Wisata Gili Iyang, Pulau Kadar Oksigen Tertinggi Kedua di Dunia

Pesona Wisata Gili Iyang, Pulau Kadar Oksigen Tertinggi Kedua di Dunia

37
0
SHARE
Pesona Gili Iyang dari atas tebing. Foto: Youtube.com/Kevin Hendrawan

Diamma.com– Pesona kekayaan alam Indonesia tak kunjung habis. Pasalnya, hampir di setiap pelosok wilayahnya memiliki harta alam yang tersembunyi. Tak melulu dengan wisata laut di Lombok maupun Bali, di Timur Pulau Jawa juga menyimpan hamparan alam dan perairan yang tak kalah menakjubkan.

(Baca: Berikut 4 Cara Asyik Menikmati Keindahan Pulau Lombok)

Salah satu yang paling menarik perhatian dari sekian banyaknya wisata alam di Jawa Timur, yaitu sebuah pulau kecil yang letaknya di sebelah timur Pulau Madura.

Pulau kecil yang dinamakan dengan Gili Iyang ini berada di kawasan Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Pulau tersebut berjarak kisaran 28 Km dari pusat Kabupaten Sumenep dan 1 jam perjalanan laut untuk tiba di sana.

Selain masih jarang sekali terjamah oleh wisatawan, Gili Iyang juga menjadi tempat yang memiliki kadar oksigen tertinggi kedua di dunia setelah Laut Mati di Yordania.

Jarang terjamah wisatawan, Gili Iyang menjadi salah satu lokasi dengan kadar oksigen tertinggi kedua di dunia. Foto: Youtube.com/Kevin Hendrawan

Menyandang julukan sebagai Pulau Awet Muda, lokasi ini telah lulus penelitian dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dan Balai Besar Teknis Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) di Jawa Timur.

(Baca juga: Yuk Intip Keseruan Lula Lahfah Berlibur di Labuan Bajo, Bertemu Komodo Loh!)

Gili Iyang memang memiliki kadar oksigen yang lebih tinggi sekitar 3,4 sampai 4,8 persen dari batas normalnya. Karbon dioksidanya pun hanya pada angka 26,5 persen, serta tingkat kebisingannya cukup rendah atau sekitar 36,5 db. Hal ini terjadi sebab minimnya polusi, sehingga kadar oksigen pun meningkat.

Pemandangan yang asri, alami, tenang, serta udara yang segar menjadikan tempat ini memiliki daya tarik yang unik. Belum lagi keindahan bawah lautnya yang terdiri dari segala jenis biota laut. Sebagian besar wisatawan memilih mengunjungi Gili Iyang tak hanya untuk refreshing semata, melainkan juga sebagai kebutuhan pengobatan.

“Ini memang stress relieving banget. Beberapa orang datang ke sini juga bisa buat terapi kalau dia punya asma dan lain-lain,” keterangan Kevin Hendrawan, yang dilansir dari unggahan pada akun Youtube miliknya , Kevin Hendrawan dalam edisi #EkspedisiSegaris.

Saat tiba pun suasana tentram yang ditemani dengan deburan ombak air laut serta semilir angin yang menghempas, memanjakan siapapun yang berkunjung. Sejenak anda dapat melupakan bagaimana hiruk pikuk kota yang penuh kebisingan. Itu mengapa bukan hal yang aneh lagi menemui sepuh yang masih tampak sehat dan bugar meski tak sedikit yang telah menginjak usia 100 tahun lebih.

“Awalnya aku enggak percaya di Madura ada wisata kesehatan. Tapi sekarang aku setuju kalau Pulau Iyang ini bener-bener sehat. Bernafas itu rasanya enteng banget. Puas-puasin deh menghirup udara bersih di sini,” lanjut Kevin dalam videonya.

Seperti hanya sebagai pelengkap, terik matahari hanya sekedar membantu menerangi. Tak ada rasa panas menyengat yang dirasa saat menginjakkan kaki di Gili Iyang. Kini tak perlu jauh-jauh lagi untuk mengeksplor alam yang indah dan asri, di Indonesia pun sudah lengkap tersaji.

Jadi, apa kamu tertarik liburan di Gili Iyang, Diammania?

(Baca juga: Yuk Ke Koh Samui! Tempat Snorkeling yang Bikin Kamu Malas Pulang)

Penulis: Wiji Adinda Putri
Editor: Faradina Fauztika