Home Travel Destinasi Berikut 4 Cara Asyik Menikmati Keindahan Pulau Lombok

Berikut 4 Cara Asyik Menikmati Keindahan Pulau Lombok

81
0
SHARE
Matahari terbenam di Gili Trawangan, Lombok. Foto: Instagram.com/timtimruivo

Diamma.com – Sebagai peringkat ke-16 destinasi wisata terbaik Asia 2020, Lombok selalu punya cara tersendiri untuk dinikmatinya. Tak hanya dengan menikmati perairannya yang terkenal begitu cantik sejauh mata memandang, namun alam tersembunyi lainnya juga tidak kalah istimewanya.

Oleh karena itu, jika berkunjung ke Lombok, banyak cara untuk menikmati setiap inci surga yang dimiliki oleh Pulau Seribu Masjid tersebut. Melansir dari The Culture Trip, berikut ini ada beberapa aktivitas yang dapat dilakukan untuk melihat surganya Pulau Lombok.

  1. Mendaki
Gunung Rinjani merupakan gunung tertinggi kedua di Indonesia yang terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Foto: Instagram.com/gunungrinjani_nationalpa

Siapa yang tak kenal Gunung Rinjani, gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia. Gunung dengan ketinggian mencapai 3.726 meter dpl ini menawarkan keindahan hamparan Pulau Lombok bagian Utara bagi para pendakinya. Salah satu sisi di bagian Baratnya, terdapat kaldera atau layaknya kawah yang terbentuk dari jatuhnya tanah setelah letusan vulkanik. Pada kaldera itu ada danau kawah yang dinamakan Segara Anak, yang artinya anak laut. Memiliki kedalaman sepanjang 230 meter, biasanya akan dijadikan sebagai tempat bermalam pendaki saat di tengah perjalanan menuju puncak.

Banyak track yang menantang untuk dilewatkan, seperti hutan hujan lebat, sabana kering, hingga bebatuan yang terjal. Namun jangan khawatir, pemandangan yang akan di dapatkan selama perjalanan hingga tiba di puncak akan sangat membayar segala lelah yang kita korbankan.

Kalau belum terbiasa untuk mendaki gunung bisa mencoba beberapa perbukitan yang tidak kalah indahnya sama pemandangan Rinjani. Terdapat beberapa bukit terkenal di Pulau Lombok, antara lain Bukit Pergasingan, Bukit Nanggi, Bukit Sempana, dan masih banyak yang lainnya.

2. Mengintip Pulau-pulau

Gili Trawangan. Foto: Pinterest.com/jennychristina

Selain Gili Trawangan, terdapat Gili Meno dan Gili Air, yang masing-masing memiliki ciri khas dan keistimewaan masing-masing.

Gili Trawangan terkenal dengan sebutan ‘Pulau Pesta’ karena memiliki perkembangan untuk wisatawan yang lebih paling berkembang, lengkap, dan punya daya tarik yang memikat banyak wisatawan muda. Dinamakan ‘pesta’ juga karena biasanya selalu ada rotasi perputaran acara tiap malamnya, jadi tidak akan pernah sepi. Gili ini merupakan terbesar di antara ketiganya.

Selanjutnya ada Gili Meno, yang terkenal dengan kawasan wisata bahari. Gili ini dijuluki sebagai tempat ‘pelarian romantis atau bulan madu’ karena paling tenang dan tentram. Tempat ini cocok bagi yang ingin menghabiskan waktu berduaan atau sekadar menenangkan pikiran atas penat aktivitas yang padat.

Terakhir ada Gili Air, tidak paling damai atau paling ramai juga. Melainkan kombinasi dari dua gili sebelumnya. Fasilitas yang terdapat di sini terbilang lengkap namun tetap memiliki nuansa yang damai.

Untuk menikmati ketiga gili tersebut banyak aktivitas air yang bisa dilakukan, seperti snorkeling, diving, surfing, paddleboard, atau bersepeda di pesisirnya.

(Halaman Selanjutnya)