Home Travel Destinasi Hutan Pinus Pengger, Destinasi Alam yang Harus Kamu Kunjungi Saat ke Yogyakarta

Hutan Pinus Pengger, Destinasi Alam yang Harus Kamu Kunjungi Saat ke Yogyakarta

62
0
SHARE
Terlihat Pohon Pinus yang menjulang tinggi, terletak di Hutan Pinus Pengger, Daerah Istimewa Yogyakarta. Foto: Diamma.com/Faradilla Rachman

Diamma.com- Liburan ke Yogyakarta siapa yang tidak tertarik? Kota yang memiliki banyak tempat wisata mulai dari wisata alam, kuliner, tempat berbelanja hingga penginapan yang nyaman serta pas di kantong.

Daerah yang dijuluki kota pelajar, memiliki berbagai destinasi wisata alam, salah satunya Hutan Pinus. Di Jogja, terdapat beberapa hutan pinus yang sering jadi buruan wisatawan seperti Hutan Pinus Mangun, Hutan Pinus Asri, Hutan Pinus Becici, Hutan Pinus Pengger, dan masih banyak lagi.

(Baca juga: Liburan ke Jogja, Ini 4 Pantai yang Wajib Dikunjungi)

Salah satu Hutan Pinus yang menjadi incaran adalah Hutan Pinus Pengger. Meskipun umumnya setiap hutan pinus berada di dataran tinggi dan  ditumbuhi indahnya pepohonan pinus yang beraroma getah pinus, tetapi suasana yang sejuk juga asri menambah daya tarik wisatawan.

Hutan Pinus Pengger berada di Sendangsari, Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan wisata alam yang cukup populer dikalangan wisatawan lokal.  Banyak spot foto yang disuguhkan salah satunya Jempol Raksasa.

Selain Jempol Raksasa, terdapat spot-spot unik dan instagramable seperti rumah pohon, jembatan kayu, ayunan, dan rumah piramid ala India yang tentunya bisa kamu jadikan spot foto bersama keluarga ataupun teman.

Salah seorang pengunjung Pinus Pengger yaitu Qhoridatul Khanifah mengungkapkan alasannya memilih tempat tersebut sebagai destinasi wisata saat berlibur di Jogja.

“Di sini tuh banyak spot instagramable, kayak rumah pohon, jembatan kayu dan seni kayu yang unik-unik gitu, cocok banget dijadikan tempat untuk liburan saat ke Jogja,” ujar Qhoridatul Khanifah (22).

(Baca juga: 4 Penginapan di Yogyakarta yang Cocok untuk Backpacker)

Selain itu di Hutan Pinus Pengger, wisatawan dapat menikmati keindahan sunset dari spot Jempol Raksasa. Tidak hanya menikmati sunset di sore hari, pada malam hari tempat ini juga ramai pengunjung yang menyaksikan city light dari Pinus Pengger.

Bila pengunjung ingin masuk ke area Hutan Pinus Pengger, kamu akan disuguhkan peta wisata dan petunjuk arah apa saja yang ada di dalam hutan tersebut seperti Asuma Paduraksa, Cetta Abipraya, Watu Ngadek dan Jembatan serta 7 Sapta Pesona Pariwisata.

(Baca juga: Kenali Pulau Galang, Mulai dari Sejarah Hingga Tempat Wisata)

Penulis : Faradilla Rachman
Editor: Rahma Angraini