Home Entertainment Untung Pranoto: Ada 4 Tips Jitu Untuk Berhasil Membuat Program Televisi

Untung Pranoto: Ada 4 Tips Jitu Untuk Berhasil Membuat Program Televisi

48
0
SHARE
Untung Pranoto (Tengah) bersama wartawan senior (kanan) dan dosen UPDM (B) (kiri)
Foto: Instagram/upranoto

Diamma.com- Banyak hal yang menarik yang dibahas oleh pembicara acara JATANRAS Goes To Campus yang diadakan oleh NET Mediatama, pada Kamis sore kemarin (15/10). Salah satunya mengenai tips membuat program Televisi.

Direktur Konten NET, Untung Pranoto, menjelaskan ada beberapa tips jitu yang bisa dilakukan dalam membuat suatu program khususnya di televisi. Berikut tips-nya:

  1. Harus Tahu Sasaran Pemirsanya

Dalam membuat program, kita harus terlebih dahulu memikirkan untuk siapa program tersebut ingin kita sajikan. Karena jika tidak, program yang sudah siap tayang akan menjadi tidak jelas arahnya.

Hal tersebut akan mempengaruhi komposisi untuk mengatur program kedepannya. Selain itu tim kreatif akan dipaksa berpikir sepuluh kali lipat untuk membantu program menjadi menarik.

  1. Tentukan Waktu Penayangan

Jika sasaran pemirsanya sudah ditentukan, maka langkah selanjutnya kita harus tepat dalam mengatur jadwal penayangannya.

Misalnya, program Malam-Malam NET yang penuh dengan candaan dewasa ditayangkan pada pagi hari, di sisi lain akan sepi penonton karena orang dewasa sibuk berangkat kerja dan tentu akan berbahaya karena berisiko ditonton oleh anak-anak di bawah umur.

  1. Pilih Genre yang Banyak Diminati

Kita perlu tahu perkembangan minat menonton dari pemirsa khususnya di Indonesia. Jika kita menayangkan program yang diminati tentu akan banyak orang yang tertarik menonton.

Mengapa program JATANRAS banyak diminati. Jawabannya, karena program ini mengandung informasi dan drama, ini sebuah genre yang sangat laris-manis di Indonesia. Di sini sangat seimbang antara ketegangan dan informasi yang bermanfaat.

  1. Buat Program yang Beda atau Lebih Baik

Ada dua pilihan dalam membuat program, pertama program orisinil dan yang kedua program tersebut sudah ada sebelumnya, bahkan sudah ada pada kompetitor.

Jika kita memilih yang kedua, kita harus berpikir inovatif dan jangan sampai mengikuti 100 persen. Buatlah sesuatu perbedaan dari apa yang sudah ada, tarik pemirsa kompetitor dengan sajian kita yang lebih baik.

Setelah memaparkan tips, mas UP sapaan untuk Untung Pranoto, juga memberikan alasan kenapa JATANRAS lebih unggul dari program kompetitor. Ia mengatakan bahwa liputan JATANRAS ini keras dan disisi lain ada nilai human interest (humanis), serta realitas dan fakta yang diangkat.

Nah itu salah satu alasan yang menjadikan JATANRAS program unggulan NET Mediatama Televisi, keren!

Penulis: Ivan Nurhidayat
Editor: Rahma Angraini