Home Entertainment Budaya Kenali Pulau Galang, Mulai dari Sejarah Hingga Tempat Wisata

Kenali Pulau Galang, Mulai dari Sejarah Hingga Tempat Wisata

844
0
SHARE
Gapura Pulau Galang dengan warna hijau dan kuning yang mendominasi. Foto: wowkeren.com

Diamma.com – Pulau Galang yang terletak di Kepulauan Riau akan menjadi pilihan lokasi rumah sakit khusus penanganan virus corona, yang dicetuskan oleh Presiden Joko Widodo pada Selasa (3/3) lalu ini. Tempat tersebut dipilih bukan tanpa alasan, melainkan karena lokasi ini memiliki jarak yang jauh dari penduduk dan telah tersedia tempat yang memadai dari segi bangunan.

Namun, disamping hal tersebut ternyata menyimpan sejarah yang tidak biasa dan perlu untuk diketahui. Berikut sejarah dan tempat wisata di Pulau Galang:

1. Manusia Perahu Vietnam

Pada tahun 1979, Pulau Galang menjadi saksi bisu dari ribuan warga Vietnam yang mengungsi di sana akibat perang saudara yang terjadi di negaranya. Sebelum itu, mereka terlebih dulu  mengarungi lautan selama berbulan-bulan untuk mencari tempat singgah untuk berlindung, sampai pada akhirnya mereka terdampar di Pulang Galang, Kepulauan Riau.

Komisi tertinggi PBB, United Nation High Commisioner for Refugees (UNHCR) bersama pemerintah Indonesia dibawah kepemimpinan Presiden Soeharto, bersama-sama membantu kurang lebih 250 ribu warga Vietnam, dan sepakat pulau Galang menjadi tempat pengungsian mereka.

Sejak dipulangkan tahun 1996, saat ini tidak ada lagi warga Vietnam yang tinggal di sana, yang ada hanya sisa-sisa peninggalan mereka selama mengungsi di Pulau Galang. Akhirnya, Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam (BP Batam), menjadikan tempat tersebut menjadi Museum.

2. Jembatan Barelang

Masyarakat Kota Batam pasti sudah tidak asing dengan Jembatan Barelang (Batam, Rempang dan Galang) yang  memiliki panjang sejauh 54 kilometer ini merupakan peninggalan Presiden Ke-3, B.J Habibie.

Jembatan yang didirikan selama 6 tahun ini (1992-1998) menghabiskan biaya sampai 400 miliar, oleh sebab itu Jembatan Balerang sering disebut Golden State versi Indonesia berkat kemegahannya.

Sepanjang jembatan ini kita disuguhkan dengan pemandangan yang sangat indah dari pulau-pulau yang membentang, serta sangat cocok sebagai tempat foto bagi wisatawan yang tengah berkunjug ke sana.

3. Pantai Melur

Diluar kisah pilu mengenai manusia perahu dari Vietnam, Pulang Galang ternyata memiliki tempat wisata yang tidak kalah indahnya dari Jembatan Barelang yaitu Pantai Melur, pantai ini berada sekitar 45 kilometer dari bagian selatan Pulau Batam.

Di sini kita akan dimanjakan oleh pasir putih yang masih terjaga kebersihannya, gelombang air laut yang tenang dan banyak aktivitas yang bisa dilakukan mulai dari wisata air, bermain voli pantai sampai pesta kuliner seafood.

Sangat menarik bukan, ternyata terdapat sejarah dan tempat menarik dari Pulau Galang yang akan dijadikan lokasi RS khusus penanganan corona oleh pemerintah Indonesia Ini.

Penulis: Ivan Nurhidayat
Editor: Rahma Angraini