Home News Internasional Selain Corona, Berikut 5 Virus Mematikan di Dunia

Selain Corona, Berikut 5 Virus Mematikan di Dunia

235
0
SHARE

Ilustrasi virus masuk kedalam tubuh manusia. Foto: radardepok.com

Diamma.com- Beberapa bulan terakhir ini dunia digemparkan oleh virus yang disinyalir berasal dari Kota Wuhan, China yaitu Virus Corona (2019-nCoV atau Covid-19). Virus ini sangat cepat penyebarannya, data terakhir sudah 65 negara yang terinfeksi termasuk Indonesia.

Namun, dalam catatan sejarah ada virus lain yang lebih dulu mewabah di dunia selain Corona, dan jauh lebih mematikan. Diamma.com telah merangkum lima virus yang pernah mengkhawatirkan masyarakat  dunia, yuk simak!

1. Virus Flu Babi (H1N1)

Pada tahun 2009, dunia dikejutkan dengan virus H1N1 atau biasa disebut flu babi. Menurut data Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, ada sekitar 151 ribu sampai 575 ribu korban yang terinfeksi virus ini.

Virus yang pertama kali berasal di Ameria Utara ini sama seperti influenza dalam penularannya, yaitu melalui percikan ingus atau air liur yang dikeluarkan pengidap kepada orang sekitar.

2. Virus Flu Burung (H5N1)

Virus Selanjutnya pernah menggemparkan Indonesia pada Oktober 2003, yaitu penyakit flu burung yang memakan banyak korban jiwa dan menyebabkan jutaan ayam mati mendadak.

Virus ini dapat berpindah cepat ke tubuh manusia sekitar 3-5 hari. Gejala awal yang dirasakan oleh pengidap adalah sakit kepala, demam, badan pegal, sesak nafas dan batuk. Bila tidak segera ditangani, virus ini akan menyebar ke berbagai organ tubuh dan mengakibatkan komplikasi yang akan mengancam nyawa. 

3. Virus Ebola

WHO (World Health Organization) sampai membuat status Global Health Emergency di dunia terhadap penyakit ini agar tidak memakan korban lebih banyak lagi, tercatat di Afrika Barat dalam kurun waktu dua tahun (2014 – 2016), sudah lebih dari 30.000 orang terinfeksi dan 11.000 yang meninggal dunia.

Virus dengan nama medis Zaire Ebolavirus ini mampu menular dari hewan ke manusia, dan juga antar manusia sendiri. Seperti virus sebelumnya, gejala awal yang dirasakan mulai dari demam, muntah, diare, sampai pendarahan yang tidak menentu.

4. Virus Zika (Zikv)

Sama seperti Ebola, WHO juga menetapkan status Global Health Emergency pada Virus Zika ini. Diperkirakan tiap tahunnya virus yang berasal dari nyamuk Aedes Aegypti ini mampu menginfeksi 3 sampai 4 juta jiwa. 

Hingga saat ini sudah 86 negara yang terjangkit dan melaporkan beberapa kasus yang terjadi, salah satu dampak buruk virus ini adalah kecacatan otak yang bisa menimbulkan penyakit sindrom Guillain-Barre.

5. HIV (Human Immunodeficiency Virus)

Tidak bisa dianggep remeh, virus yang pertama kali teridentifikasi pada tahun 1984 oleh para ilmuan ini sampai sekarang belum ditemukan obatnya, petugas medis di seluruh dunia hanya mampu meminimalisir dampak buruk untuk memperpanjang harapan hidup sang pengidap.

Cara kerja virus ini adalah dengan merusak sel imun tubuh, pada akhirnya berbagai macam penyakit menjadi mudah masuk dan menginfeksi manusia.

Kementerian Kesehatan RI mengeluarkan data  jumlah pengidap HIV di Indonesia pada Juni 2019 sebanyak 349.882 orang, dan terbanyak menginfeksi kelompok umur 25 – 49 tahun (71.1%), diikuti umur 20-40 tahun (14.4%), dan kelompok umur lebih dari 50 tahun (9%).

Itulah lima virus yang pernah menggemparkan dunia dengan memakan banyak jiwa. Selalu jaga pola hidup yang sehat dan bersih ya Diammania!

Penulis: Ivan Nurhidayat
Editor: Indira Difa Maharani