Home Entertainment Gaya Hidup 3 Langkah yang Tepat untuk Menghilangkan Stres Selama Pandemi Covid-19

3 Langkah yang Tepat untuk Menghilangkan Stres Selama Pandemi Covid-19

51
0
SHARE
Ilustrasi stres. Foto: Auzi Amazia

Diamma.com- Pengendalian stres di masa pandemi ini sangat diperlukan, agar menghindari diri dari rasa penyesalan serta keterpurukan. Untuk itu, berdamai dengan diri sendiri adalah langkah yang tepat dalam mengendalikan stres.

Berbagai dampak buruk pun terjadi selama pandemi Covid-19, seperti pekerjaan bagi sebagian orang terancam diberhentikan atau di rumahkan. Banyaknya pegawai kantoran, hingga pebisnis terancam bangkrut. Maka dari itu, hal ini dapat menjadi salah satu penyebab dari timbulnya stres.

(Baca Juga: 4 Cara Redakan Stres di Masa Pandemi Covid-19 yang Tak Kunjung Usai)

Berikut ada beberapa langkah yang tepat untuk menghilangkan stres selama pandemi Covid-19:

1. Lakukanlah kegiatan yang positif

Dengan kamu melakukan kegiatan yang positif, tentunya dapat membantu kamu merasa rileks dan nyaman. Kegiatan positif terdapat beragam jenisnya, tergantung dengan yang kamu sukai dan minati.

Nah, hal positif yang dapat kamu lakukan antara lain ialah: menulis, olahraga, melukis, berkebun, mendengarkan musik, latihan relaksasi, fotografi, dan lain sebagainya yang sesuai dengan minat yang kamu sukai.

(Baca Juga: Tanpa Gejala, 34 Orang Positif Covid-19 di PON XX Papua)

2. Percaya pada diri sendiri

Percaya dengan diri sendiri dapat menjaga dari pikiran negatif. Jangan takut terhadap suatu kesalahan yang terjadi pada dirimu, karena dari kesalahan itulah kamu bisa belajar menjadi pribadi yang lebih baik.

Beri waktu menenangkan untuk kamu belajar dan bersabar sebagai bagian dari berdamai dengan diri sendiri. Seiring berjalannya waktu pandemi ini membuat kita menjadi pribadi yang lebih bersih dan aware terhadap sekitar.

3. Mengubah cara pandang

Cara yang tepat mengelola stres kamu dengan mengubah pola pikir dalam menghadapi masa pandemi Covid-19. Di mana dalam memandang sesuatu hal yang positif dapat membuat perbedaan besar dalam suasana hati dan kesehatan mental kamu.

(Baca Juga: Untuk Pertama Kalinya, Kasus Covid-19 Indonesia Per Hari Ini Tambah 922 Orang)

Begitu sebaliknya, jika kamu terlalu fokus pada hal negatif, itulah yang akan menyebabkan kecemasan berlebihan yang berdampak pada diri sendiri. Jadi, cobalah untuk melihat kondisi pandemi ini dengan cara baru.

Berdamai dengan diri sendiri merupakan cara yang ampuh dalam pengendalian stres, agar dapat menerima keadaan dengan hati lapang dan terus berusaha menjadi pribadi yang lebih baik. Yuk Diammania, jangan mudah mengeluh dan terus berjuang!

Penulis: Siti Anissa
Editor: Rianty Danista