Home Entertainment Gaya Hidup 4 Cara Redakan Stres di Masa Pandemi Covid-19 yang Tak Kunjung Usai

4 Cara Redakan Stres di Masa Pandemi Covid-19 yang Tak Kunjung Usai

49
0
SHARE
Ilustrasi stres. Foto: freepik.com

Diamma.com- Stres adalah respon yang umum terhadap peristiwa atau situasi sulit yang belum pernah dihadapi selanjutnya. Oleh karena itu, selama hampir dua tahun, tidak dapat dipungkiri Covid-19 membawa ketidakpastian dan tantangan yang belum pernah kita hadapi sebelumnya, maka sangatlah wajar jika tingkat stres kita meningkat. Agar tidak terjadi stres secara berlebihan, sebaiknya kamu mengurangi stres dengan caranya:

1. Lakukan hal-hal yang kamu sukai

Hilangkan kekhawatiran dengan memastikan kamu menyediakan banyak waktu untuk kegiatan yang menyenangkan. Kamu bisa mendengarkan musik, membaca, berkebun, menghabiskan waktu untuk terhubung dengan keluarga dan teman secara online.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan sesuatu yang kreatif atau mempelajari kerajinan baru.

(Baca Juga: Atasi Bosan Saat #DiRumahAja, Berikut Tips Merawat Lovebird Bagi Pemula)

2. Olahraga rutin

Dengan berolahraga rutin, kamu bisa mengurangi rasa stres kamu. Selain itu, berolahraga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tetap terjaga selama masa pandemi saat ini.

3. Batasi berita tentang Covid-19

Membaca dan memeriksa berita perihal Covid-19 secara berlebihan dapat membuat kamu stres dan kelelahan secara emosional. Cobalah mengurangi berita yang masuk dan pastikan selalu membaca berita Covid-19 melalui sumber yang terpercaya.

(Baca Juga: Berikut 4 Webdrama yang Cocok Untuk Ditonton Kala Bosan)

Tips lainnya adalah, imbangi juga dengan membaca berita atau kabar baik untuk meningkatkan suasani hati kamu.

4. Jaga komunikasi dengan kerabat terdekat

Luangkan waktu untuk menjangkau dan terhubung dengan orang lain penting untuk kesehatan mental kita. Dengan bersosialisasi, dapat mengurangi stres dan kecemasan bahkan menimbulkan perasaan tenang dan bahagia.

Berbicara dengan seseorang, berbagi emosi dan pengalaman, memberikan atau menerima dukungan yang bisa membuat kita menjadi merasa terhubung.

(Baca Juga: COVID-19 Mengganas, Ini Penjelasan CDC tentang Memakai Masker yang Aman)

Selain kesehatan fisik, kesehatan mental juga merupakan hal yang serius serta perlu diperhatikan pada saat pandemi Covid-19 ini.

Nah, itulah empat cara yang bisa membantu kamu untuk mengurangi stres di masa pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai serta ditambah dengan adanya PPKM yang masih terus berlanjut.

Penulis: Naura Azzahra Kamila
Editor: Rianty Danista