Home News Teknologi 3 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengganti Ban Motor Ukuran Lebih Lebar

3 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengganti Ban Motor Ukuran Lebih Lebar

92
0
SHARE
Ilustrasi mengganti ban lebih lebar. Foto: Michelin

Diamma.com– Mengganti ban dengan ukuran yang lebih lebar dari standar, sudah biasa dilakukan oleh pengendara sepeda motor. Mengganti ukuran ban dapat meningkatkan daya cengkram ban ke aspal dan memperindah tampilan motor.

Anggapan tersebut benar karena luas tapak ban yang menyentuh aspal juga lebih banyak. Namun dalam penerapannya ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Melansir dari Kompas.com, menurut Zulpata Zainal, On Vehicle Test PT Gajah Tunggal, mengatakan setidaknya ada tiga hal yang perlu diperhatikan oleh pemilik motor saat ingin mengganti ban dengan ukuran lebih lebar.

(Baca Juga: Sering Dilupakan, Berikut Cara Merawat Rantai Motor yang Benar)

Pertama, ketika mengganti ukuran ban sebenarnya tidak harus mengganti pelek. Namun, jika menginginkan hasil yang maksimal lebih baik mengganti pelek yang sesuai dengan lebar ban.

“Menggunakan ban yang lebih lebar pada pelek standar akan membuat permukaan ban tidak menyentuh jalan secara maksimal. Daya cengkeram juga jadi berkurang,” kata Zulpata.

“Tetapi, harus dipastikan tidak ada bagian ban yang menyentuh bodi, fender, atau suspensi,” lanjutnya.

(Baca Juga: 5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Motor Bekas)

Kemudian swing arm atau lengan ayun. Pastikan untuk memperhatikan lebar swing arm. Supaya ban lebar yang akan kamu gunakan tidak mentok dengan swing arm.

“Agar tidak mentok, bisa juga mengakalinya dengan menggunakan swing arm variasi,” ujarnya.

Terakhir, perhatikan jarak sisi terluar ban dengan rantai. Pada skutik biasanya akan bersentuhan dengan suspensi. Jangan sampai ban dengan rantai atau suspensi bergesekan.

“Harus dipastikan tidak ada bagian ban yang menyentuh bodi, fender, atau suspensi,” tutupnya.

Penulis: Rafid Ahmad Fauzi
Editor: Rianty Danista