Home Entertainment Gaya Hidup Sering Dilupakan, Berikut Cara Merawat Rantai Motor yang Benar

Sering Dilupakan, Berikut Cara Merawat Rantai Motor yang Benar

252
0
SHARE
Orang sedang melumasi rantai. Foto: Istimewa

Diamma.com– Rantai motor merupakan bagian yang penting untuk diperhatikan bagi pengguna motor kopling dan gigi. Biasanya hal tersebut sering dilupakan, berakibat rantai cepat karatan. Lebih bahaya lagi, rantai bisa terputus secara tiba-tiba saat kita membawanya.

Rantai akan cepat kering dan kendur, apabila tidak dirawat. Sehingga, ketika motor dikendarai akan menimbulkan suara berisik. Selain itu, rantai yang kendur juga akan mengurangi tarikan (akselerasi) motor.

(Baca Juga: Langkah-Langkah yang Wajib Dilakukan Setelah Motor Terendam Banjir)

Ade Rohman selaku Asisten Manager Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM) mengatakan, merawat rantai penting bagi setiap motor khususnya bagi motor kopling dan gigi.

“Kondisi rantai yang kurang baik seperti rantai putus atau rantai lepas dapat menyebabkan beberapa resiko, salah satunya adalah kecelakaan,” katanya.

Maka dari itu, rantai motor harus rajin-rajin dirawat ya Diammania. Berikut beberapa cara untuk merawat rantai motor:

Pertama, menyiapkan alat pelumas rantai motor, bisa menggunakan chain lube ataupun oli mesin. Jangan menggunakan oli bekas, karena oli bekas itu kotor dan membuat rantai dipenuhi debu yang menempel.

Kedua, memposisikan motor tegak, bisa menggunakan standar tengah ataupun paddock. Tujuannya agar ban belakang motor bisa diputar.

Tahap selanjutnya adalah mengecek kondisi rantai dan gear. Jika keduanya kotor, kamu bisa membersihkannya terlebih dahulu menggunakan chain cleaner. Karena jika langsung dilumasi, akan membuat rantai dan gear semakin kotor.

(Baca Juga: 5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Motor Bekas)

Langkah selanjutnya, kamu bisa melumasi rantai motor secara perlahan. Dengan cara menyemprotkan chain lube ke bagian dalam dan luar rantai secara merata. Jika menggunakan oli mesin, oleskan oli ke rantai secara merata juga. Putar ban secara perlahan agar kamu bisa melumasi seluruh bagian rantai, jangan sekali-kali menyalakan motor lalu menaikan gigi karena sangat berbahaya.

Langkah terakhir, kamu bisa mendiamkan motor selama beberapa jam agar cairan ataupun oli meresap. Setelah itu, motor siap digunakan.

Itulah beberapa langkah merawat rantai motor yang benar. Pengecekan rantai motor harus rutin dilakukan setiap minggu. Jika rantai motor sudah kering, harus cepat dilumasi lagi ya, Diammania.

Penulis: Rafid Ahmad Fauzi
Editor: Rianty Danista