Home Entertainment Gaya Hidup 5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Motor Bekas

5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Motor Bekas

149
0
SHARE
Pilihan motor-motor bekas. Foto: Antara Foto/ Syifa Yulinnas

Diamma.com- Mungkin pembelian motor baru menjadi opsi tepat dalam keputusan pembelian, tetapi bagi sebagian orang, membeli motor bekas dapat menjadi pilihan karena mengingat harga yang jauh lebih murah.

Dalam pembelian motor bekas, kamu tidak mengetahui apa yang terjadi dengan motor tersebut selama masih dipakai oleh pemilik sebelumnya. Nah, untuk mengetahui bagaimana kondisi motor yang ingin dibeli, adapun kelebihan dan kekurangan dari motor bekas, serta ada resikonya.

Dengan itu, kamu harus memperhatikan beberapa hal sebelum membeli motor bekas. Tujuannya agar kamu tidak menyesal setelah membelinya.

(Baca Juga: Langkah-Langkah yang Wajib Dilakukan Setelah Motor Terendam Banjir)

Menurut Darwin Danubrata, sales diler motor bekas, Songsi Motor, mengatakan ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli motor bekas.

“Mulai dari mesin, cat, list, pelek, sampai las-lasan harus dicek dengan seksama. Bisa terlihat dari kondisi motor itu,” ujarnya melansir dari Kompas.com.

Berikut lima hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli motor bekas:

1. Kelengkapan surat berkendara harus dicek terlebih dahulu

Hal pertama yang harus dilakukan adalah cek kelengkapan surat berkendara, mulai dari STNK dan BPKB. Tujuannya untuk mengetahui kejelasan motor tersebut, apakah motor itu memang motor pribadi pemilik sebelumnya atau motor bekas curian.

Adanya surat-surat berkendara ke depannya untuk memperpanjang masa pakai motor, menghindari tilangan Polisi, dan mengubah kepemilikan motor dari owner sebelumnya.

2. Periksalah nomor rangka dan nomor mesin

Setelah memastikan surat-surat motor sudah lengkap, hal selanjutnya adalah mengecek nomor rangka dan nomor mesin, jangan sampai berbeda dengan yang tertera di surat-surat berkendara. Jika ditemukan adanya perbedaan, bisa saja motor tersebut merupakan hasil curian.

(Baca Juga: 5 Tips Agar Kondisi Motor Selalu Seperti Baru)

3. Cek fisik dari motor

Lihat keseluruhan fisik dari motor tersebut, mulai dari body, pelek, ban, stang, dan lain-lain. Jika ada sedikit goresan mungkin tidak terlalu masalah. Namun jika ada bekas yang terlalu parah, misalnya stang yang tidak sejajar dengan ban, kamu harus mempertimbangkan lagi untuk membeli motor tersebut.

4. Perhatikan mesin motor

Kamu bisa meminta pemilik motor untuk menyalakan mesin motornya. Perhatikan suara dari mesin motornya, apakah kasar atau halus. Cara memastikan kondisi mesin motor masih bagus, biarkan mesin motor menyala tanpa di gas. Jika mesin motor gampang mati, ada kemungkinan kondisi mesin sudah tidak prima.

5. Uji jalan motor

Terakhir, mintalah kepada pemilik motor untuk mencoba motornya. Coba dengan berkeliling, satu sampai dua putaran, rasakan apakah motor tersebut masih layak dikendarai atau tidak.

Inilah lima hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli motor bekas. Semoga bermanfaat ya Diammania!

Penulis: Rafid Ahmad Fauzi
Editor: Rianty Danista