Home Entertainment Gaya Hidup 5 Tips Agar Kondisi Motor Selalu Seperti Baru

5 Tips Agar Kondisi Motor Selalu Seperti Baru

709
0
SHARE
Tips merawat motor agar selalu terlihat seperti baru . Foto: bikereview.com.au

Diamma.com- Motor merupakan kendaraan beroda dua yang efisien biasa digunakan untuk beraktivitas. Motor biasanya sering kotor dikarenakan kondisi cuaca yang tidak menentu khususnya saat musim hujan dan polusi udara serta debu yang tebal menyebabkan motor menjadi cepat kotor. Tahukah anda bahwa kondisi motor yang kotor menyebabkan performa motor anda akan menurun.

Berikut 5 tips supaya kondisi motor anda terlihat seperti baru:

1. Lakukan servis rutin
Rutinlah melakukan servis untuk motor anda. Usahakan servis di bengkel resmi sesuai dengan brand merk motor anda.

2. Ganti spare part motor
Gantilah spare part motor anda apabila terjadi kerusakan pada motor anda, disarankan agar konsultasi terlebih dahulu kepada montir bengkel resmi sebelum mengganti spare part motor anda agar tidak salah membeli spare part.

3. Rutin mencuci motor
Cucilah motor anda minimal 1 minggu sekali, agar kondisi motor anda selalu terlihat seperti baru, karena kotoran yang menempel di motor anda bisa menurunkan performa motor anda.

4. Pilih jalan yang akan dilalui
Saat anda menggunakan motor, usahakan memilih-milih jalan agar shockbreaker anda awet dan meminimalisasi kebocoran di seal atau karetshockbreaker .

5. Gantilah oli mesin dan gearbox dengan oli pabrik
Gantilah oli mesin dan gearbox anda dengan oli bawaan pabrik, usahakan per 3000 km anda mengganti oli mesin anda, dan per 9000 km anda mengganti oli gearbox anda , apabila ingin mengganti brand oli mesin dan gearbox anda , disarankan untuk konsultasi ke mekanik bengkel resmi agar tidak terjadi kerusakan pada mesin.

Itulah 5 tips agar kondisi motor anda selalu seperti baru.

Penulis: Rayhan Rasjman
Editor: Octavia Dwi Lestari