Home Entertainment Gaya Hidup Lebih Sehat, Berikut 5 Bahan Alami Pengganti MSG

Lebih Sehat, Berikut 5 Bahan Alami Pengganti MSG

211
0
SHARE
Ilustrasi monosodium glutamate (MSG).
Foto : kompas.com

Diamma.com- Penyedap rasa monosodium glutamate (MSG) atau yang biasa dikenal degan sebutan micin merupakan asupan yang kurang baik untuk kesehatan.

MSG dapat menyebabkan tekanan darah tinggi apabila dikonsumsi dalam jangka waktu yang cukup lama secara terus menerus. Agar tubuh tetap sehat selama masa pandemi ini, terdapat beberapa alternatif pengganti MSG yang tak kalah lezat rasanya. Berikut lima bahan alami pengganti MSG yang telah dirangkum oleh Diamma.com :

1. Kaldu sapi

Tak hanya bisa dibeli secara instan, kaldu sapi juga dapat dibuat dengan memanfaatkan tulang sapi yang direbus secara perlahan sebagai penyedap rasa alami tanpa pengawet.

(Baca Juga: Dapat Turunkan Berat Badan, Berikut 5 Manfaat Lemon Tea)

Rasanya tak kalah lezat dengan MSG, karena sumber rasa umaminya adalah glutamat atau asam amino pada protein daging. Maka semakin lama kaldu sapi dimasak, semakin tinggi kandungan glutamat yang membuat umami lebih terasa.

2. Kecap

Kecap merupakan salah satu saus yang kaya akan rasa umami serta mudah ditemui di pasaran. Kecap memiliki dua jenis varian untuk dikonsumsi yaitu dibuat dengan cara fermentasi alami dan ada pula yang menggunakan bahan kimia yakni protein kedelai hidrolisasi.

Sebaiknya gunakan kecap fermentasi karena memiliki glutamat yang alami, sedangkan yang berbahan kimia mengandung MSG tambahan di dalamnya.

(Baca Juga: Dapat Merusak Ginjal, 3 Minuman Ini yang Harus Kamu Hindari)

3. Garam

Jenis garam laut (sea salt) sangat cocok digunakan untuk pengganti MSG, karena memiliki rasa asin yang lebih halus daripada garam biasa. Bukan hanya garam laut, ada pula jenis lain yang juga dapat memberikan rasa eksotis seperti garam hitam belerang India, garam bambu Korea, dan garam kosher

4. Tomat

Tomat juga mengandung glutamat yang memberikan rasa umami yang alami. Tomat biasa mengandung 150-250 miligram asam glutamat per 100 gram. Untuk mendapatkan rasa umami pada tomat, cukup dengan cara memanggang atau mengeringkannya sehingga dapat mengurangi kelembaban dan mengonsentrasikan glutamat yang terkandung.

(Baca Juga: Inilah 4 Manfaat Yoghurt Bagi Kecantikan)

5. Bawang putih

Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur alami yang hampir digunakan pada semua masakan. Tak hanya berguna sebagai bumbu dapur, bawang putih juga dapat dijadikan bubuk yang berguna sebagai pengganti MSG. Hal tersebut dapat dibuat dengan cara memanggang bawang putih sampai kering, kemudian diblender atau tumbuk hingga menjadi bubuk.

Nah, itulah lima bahan alami yang dapat digunakan untuk mengganti MSG di rumah. Selain lebih sehat, bahan tersebut mudah didapat serta dibuat juga lho Diammania. Selamat mencoba!

Penulis: Audria Dwi Kusuma
Editor: Donny Alamsyah