Home Travel Kuliner Dapat Merusak Ginjal, 3 Minuman Ini yang Harus Kamu Hindari

Dapat Merusak Ginjal, 3 Minuman Ini yang Harus Kamu Hindari

262
0
SHARE
Foto Soda.
Foto: Pixabay/ kaicho20

Diamma.com- Mengonsumsi minuman secara berlebihan memanglah tidak baik. Karena dapat menyebabkan kerusakan pada organ tubuh kamu, salah satunya merusak ginjal. Agar tetap menjaga kesehatan tubuh, kamu harus menghindari tiga minuman ini. Berikut jenis minumannya:

1. Jus dicampur dengan pemanis

Untuk kamu yang pecinta jus, alangkah baiknya jika dibuat tanpa pemanis. Karena kalau dicampur dengan pemanis, memiliki kandungan gula yang sangat tinggi dan kalori yang cukup.

Menurut peserta studi Tehran Lipid dan Glukosa, bisa menyebabkan tingkat penyakit ginjal kronis yang lebih tinggi secara signifikan daripada orang yang jarang minum minuman manis.

2. Soda

Soda merupakan minuman favorit anak muda saat ini, karena kebanyakan restoran menyajikan minuman bersoda. Oleh karena itu, hampir setiap hari orang mengonsumsi minuman tersebut.

Namun, kamu tahu tidak kalau minuman ini bisa menyebabkan kerusakan pada ginjal? Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Nephrology pada 2016 menemukan bahwa, di antara 2.382 peserta dalam studi Tehran Lipid dan Glukosa, orang yang minum lebih dari empat minuman ringan manis dalam seminggu, memiliki risiko dua kali lebih besar terkena penyakit ginjal.

3. Alkohol atau minuman keras

Sebuah studi perbandingan yang diterbitkan dalam jurnal Nephrology Dialysis Transplantation menemukan bahwa, di antara sekelompok 6.259 orang dewasa, orang yang mengaku sebagai peminum berat memiliki tingkat albuminuria yang jauh lebih tinggi, sebuah indikator kandungan protein albumin dalam urin seseorang dan tanda penyakit ginjal.

Minuman beralkohol memanglah berbahaya pada kesehatan tubuh kamu. Maka dari itu, kamu harus mengurangi atau tidak mengonsumsi alkohol apapun. Lebih baik mencegah daripada mengobati.

Nah, tiga jenis minuman ini kamu hindari ya Diammania! Karena kalau sehat, kamu bisa bebas beraktivitas tanpa memikirkan penyakit yang ada dalam tubuh kamu. Maka, sangat penting menjaga kesehatan, baik bagi anak muda hingga orang dewasa. Kesehatan merupakan kunci utama untuk mendapatkan kebahagiaan.

Penulis: Rianty Danista
Editor: Donny Alamsyah