Home Entertainment Gaya Hidup 4 Rekomendasi Makanan Penurun Darah Tinggi yang Mudah Didapat

4 Rekomendasi Makanan Penurun Darah Tinggi yang Mudah Didapat

177
0
SHARE
Tempe dinilai mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Foto: Indonesia.go.id

Diamma.com- Hipertensi atau biasa dikenal dengan tekanan darah tinggi dikenal sebagai penyakit yang diam-diam mematikan. Tidak ada gejala pasti yang menyertai tekanan darah tinggi dan dapat menyerang siapa saja tanpa mengenal usia.

Salah satu cara penting yang disinyalir mampu mengatasi penyakit ini adalah diet dan mengatur pola makan. Pastikan penderita harus mengonsumsi makanan yang menurunkan darah tinggi.

(Baca Juga: Sering Tak Disadari Ternyata Makanan Ini Pemicu Hipertensi)

Makanan-makanan tersebut sudah mudah didapatkan di pasar tradisional maupun pasar swalayan. Berikut makanan penurun darah tinggi yang bisa dicoba:

1. Tempe

Tempe merupakan makanan lokal yang dipercaya mampu menurunkan darah tinggi, karena berasal dari fermentasi kacang kedelai. Probiotik yang terkandung dalam tempe tidak hanya berguna untuk kesehatan pencernaan, melainkan juga sebagai makanan penurun darah tinggi.

(Baca Juga: 5 Manfaat Jus Seledri Bagi Tubuh)

2. Oatmeal

Gandum adalah salah satu makanan yang dapat menurunkan tekanan darah. Sebab, makanan ini mengandung rendah lemak, tinggi serat, dan rendah natrium (garam).

3. Yoghurt

Jika kalian yang kurang menyukai susu, yoghurt bisa menjadi solusi untuk penurun darah tinggi karena mengandung kalsium. Sama seperti tempe, yoghurt juga mengandung probiotik yang dipercaya berhasil menurunkan tekanan darah.

(Baca Juga: 5 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan)

4. Pisang

Salah satu buah yang terkenal tinggi akan potasium adalah pisang. Kandungan potasium (mineral yang melindungi pembuluh darah dari kerusakan oksidatif dan menjaganya dari penebalan) dalam pisang membuatnya dapat dijadikan makanan penurun tekanan darah tinggi.

Selain pisang, makanan lain yang tinggi potasium adalah tomat, jamur, tuna, alpukat, ubi, dan sebagainya.

(Baca Juga: Manfaat Buah Mangga bagi Kesehatan Tubuh)

Penulis: Anindita Safira
Editor: Indira Difa Maharani