Home Entertainment Gaya Hidup Manfaat Buah Mangga bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Mangga bagi Kesehatan Tubuh

250
0
SHARE
Mangga buah manis yang kaya akan manfaat bagi tubuh. Foto: jernih.co

Diamma.com- Tidak banyak orang mengetahui bahwa manfaat buah mangga tidak hanya sebagai konsumsi untuk kesehatan tubuh saja. Buah ini selain memiliki aroma khas, sebenarnya kaya akan nutrisi yang baik untuk perawatan kulit.

Mangga aman dikonsumsi bagi semua orang, baik anak-anak maupun dewasa. Bahkan banyak pula olahan makanan maupun produk kecantikan yang mencantumkan mangga sebagai salah satu bahan dasarnya.

Berikut adalah ragam manfaat mangga bagi kesehatan tubuh yang dapat mencegah penyakit berbahaya.

(Baca: Sedang Viral, Berikut Resep Mango Sago yang Manis dan Segar)

1. Mencegah Kanker

Mangga memiliki sejumlah besar pektin, serat makanan yang larut secara efisien berkontribusi menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Pektin juga dapat membantu mencegah perkembangan kanker prostat.

Penelitian di The Institute for Food Research menemukan bahwa senyawa dalam pektin bergabung dengan galektin 3 (protein yang memainkan peran penting dalam semua tahap kanker). The European Prospective Investigation of Cancer juga telah meneliti tentang hubungan yang kuat makan mangga dan menurunkan risiko kanker saluran pencernaan.

2. Menyembukan Anemia

Mangga dipercaya dapat menyembuhkan anemia atau kekurangan sel darah. Karena buah mangga memiliki zat besi yang dapat membantu menghilangkan anemia dengan meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh.

3. Menurunkan Kolesterol dan Menjaga Kesehatan Jantung

Mangga memiliki vitamin C dan serat tinggi yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Buah tropis ini juga kaya akan kalium yang amat dibutuhkan tubuh. Kalium berfungsi menyeimbangkan sel cairan tubuh guna mengontrol tekanan darah dan detak jantung. Mangga dipercaya mampu menurunkan kolestrol dan meningkatkan kesehatan jantung.

(Baca: Tak Perlu ke Thailand, Begini Resep Mango Sticky Rice)

4. Menyembukan Anemia

Mangga dipercaya dapat menyembuhkan anemia atau kekurangan sel darah. Karena buah mangga memiliki zat besi yang dapat membantu menghilangkan anemia dengan meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh.

5. Menyehatkan Kulit

Buah mangga memiliki nilai nutrisi yang sangat tinggi karena kaya vitamin, mineral, hingga antioksidan. Anda akan menemukan vitamin C, A, B6, E, K, beta-karoten, magnesium, dan banyak lagi yang selain menjaga kesehatan tubuh juga akan mendorong kesehatan kulit.

6. Mendorong Terbentuknya Kolagen

Vitamin A dan C membantu menjaga sistem imun tubuh dengan menghasilkan protein kolagen. Protein kolagen adalah rantai asam amino yang membangun jaringan ikat tubuh.

(Baca: Cara Mudah Membuat Manisan Mangga Kering Khas Bogor)

Penulis: Liza Luai’ati Niswah
Editor: Indira Difa Maharani