Home Entertainment Ada 5 Jenis Kulit Wajah, Begini Cara Mengenalinya

Ada 5 Jenis Kulit Wajah, Begini Cara Mengenalinya

65
0
SHARE
Ilustrasi jenis-jenis kulit wajah. Foto: emc.id

Diamma.com- Mengenali jenis kulit wajah diri sendiri, menjadi sebuah hal yang sangat penting dan jangan sampai terlewatkan. Agar kalian tidak salah dalam melakukan perawatan serta memilih produk skincare yang cocok bagi kulit wajah.

Jenis kulit wajah yang dimiliki setiap orang pastinya berbeda-beda serta dapat berubah seiring bertambahnya usia dan beberapa faktor lingkungan lainnya.

(Baca juga: Ingin Kulit Cerah dengan Bahan Alami? Yuk Simak Cara Berikut)

Berikut cara mengenali jenis kulit wajah yang sudah dirangkum oleh diamma.com dari beberapa sumber.

  1. Kulit Wajah Normal

Kulit wajah normal merupakan jenis kulit yang gampang dikenali karena memiliki kandungan air dan minyak yang seimbang sehingga tidak membuat kulit wajah berminyak ataupun kering. Jenis kulit wajah ini jarang memiliki masalah dan lebih mudah untuk dirawat. Hanya perlu menggunakan pembersih wajah, tabir surya, dan pelembab saja cukup untuk menjadi dasar perawatan untuk jenis kulit ini.

Cara mengenali kulit wajah normal adalah sebagai berikut: Warna kulit cenderung merata, Memiliki tekstur lembut dan halus, pori-pori pada wajah tidak terlihat besar, tidak memiliki komedo, jerawat, noda merah, dan masalah kulit lainnya. Kulit wajah normal biasanya memiliki tingkat sebum dan hidrasi yang seimbang (kulit tidak mudah kering atau terlalu berminyak)

  1. Kulit Wajah Kering

Untuk jenis kulit ini karena rendahnya kelembaban kandungan air pada lapisan kulit terluar yang mengakibatkan wajah menjadi kering sehingga mudah mengalami retak atau pecah-pecah pada permukaan kulit. Jenis kulit ini sebaiknya menghindari produk perawatan yang mengandung alkohol karena akan lebih memperparah iritasi serta merusak jaringan epidermis kulit.

Cara mengenali jenis kulit wajah ini adalah sebagai berikut : permukaan kulit terlihat kasar dan kusam, kulit kurang elastis, mudah merah, gatal, bersisik, setelah mandi kulit akan terasa kencang, dan pecah-pecah, serta jumlah sebum pada jenis kulit ini lebih sedikit. Hal tersebut dapat terjadi karena perbedaan genetik, serta beberapa faktor lingkungan serta produk skin care yang digunakan.

(Baca juga: Inilah 4 Manfaat Yoghurt Bagi Kecantikan)

  1. Kulit Wajah Berminyak

Jenis kulit wajah ini biasanya lebih terlihat licin dan mengkilap yang diakibatkan oleh berlebihnya produksi minyak yang dihasilkan oleh kulit wajah. Dari produksi minyak yang berlebih juga dapat mengakibatkan pori-pori tersumbat yang dapat dengan mudah menimbulkan jerawat pada kulit wajah. Cara mengenali kulit wajah yang berminyak yaitu : terlihat minyak berlebih pada wajah, ukuran pori-pori cenderung besar, terdapat jerawat, dan komedo pada wajah.

  1. Kulit Wajah Sensitif

Pada jenis kulit wajah ini rentan sekali mengalami iritasi atau alergi dari penggunaan produk perawatan wajah yang tidak cocok, serta faktor-faktor tertentu lainnya. Jenis kulit ini harus memiliki perawatan ekstra serta harus mengetahui penyebab yang dapat mengakibatkan kulit wajah kalian bereaksi seperti saat terkena panas sinar matahari, yang mana sebagian orang yang memiliki kulit sensitif akan sangat mudah mengalami ruam atau kemerahan pada wajah. Cara mengenali jenis kulit wajah ini adalah: wajah sering berubah kemerahan, kulit terasa kencang, dan terasa menusuk pada wajah, serta merasakan sensasi panas serta perih pada wajah.

  1. Kulit Wajah Kombinasi

Jenis kulit wajah yang terakhir adalah jenis kulit wajah kombinasi yaitu perpaduan antara kulit berminyak dan kulit kering. Cara mengenali jenis kulit wajah ini yaitu area wajah yang berminyak di T- zone yaitu dahi, hidung, dan dagu, serta kering pada bagian pipi. Jenis kulit ini sebaiknya menghindari produk perawatan yang mengandung alkohol serta bahan-bahan yang menyebabkan kulit kering. Gunakan jenis perawatan yang sesuai untuk kulit kombinasi.

Nah Diammania, itulah cara-cara mengenali jenis kulit pada wajah kita. Jadi, sebelum membeli atau memilih produk untuk perawatan kulit. Alangkah baiknya mengenali dan mengetahui jenis kulit seperti apa yang kalian miliki. Semoga artikel ini bermanfaat.

(Baca juga: Perhatikan Batas Pemakaian Produk Make-Up, Ini Faktanya!)

Penulis: Angelina Tri Maulidina
Editor: Rahma Angraini