Home Entertainment Gaya Hidup Perhatikan Batas Pemakaian Produk Make-Up, Ini Faktanya!

Perhatikan Batas Pemakaian Produk Make-Up, Ini Faktanya!

175
0
SHARE
Berbagai produk make-up dengan jenis powder maupun liquid. Foto: pinterest/ diormakeup-sephora

Diamma.com– Setiap produk kecantikan pasti terdapat batas pemakaian pada kemasannya. Namun, siapa sangka kalau ternyata setiap jenis produk makeup punya batas pemakaiannya masing-masing, di luar anjuran tanggal kadaluwarsanya.

Penting untuk kalian ketahui sebagai bentuk kepedulian dalam menjaga kesehatan wajah, terutama bagi yang mempunyai kulit mudah sensitif. Jadi tidak hanya melulu produknya yang salah, tapi terkadang pengetahuan kita yang salah dalam menggunakan produk-produk tersebut. Mari ulas bersama.

  • Maskara

Konsistensi bentuk cairannya sangat rentan terpapar bakteri ketika ruang udara wadahnya terbuka dalam beberapa waktu setiap pemakaian. Sehingga pada dasarnya penggunaan produk maskara sebaiknya hanya dalam jangka waktu kurang lebih 3 bulan.

Mengingat produk maskara diaplikasikan sekitar mata, jadi akan lebih fatal ketika sudah terjadi infeksi pada mata. Disarankan jika kalian sudah mulai merasa perih atau mata merah saat penggunaan maskara, langsung ganti dengan produk yang baru.

  • Eyeliner

Terdapat 2 jenis eyeliner, yaitu cair dan pensil. Eyeliner yang bertekstur cair sama hal permasalahannya dengan maskara, hanya saja dapat tahan lebih lama yaitu 6 bulan pemakaian. Sedangkan yang pensil dapat jauh lebih lama lagi, yaitu 2 tahun pemakaian. Tetapi tetap disertai rutin membersihkan rautan pensil eyeliner.

  • Foundation

Jenis foundation yang sering digunakan adalah liquid foundation. Dalam anjurannya, foundation atau alas bedak jenis cair ini dapat bertahan hingga kurang lebih 1 tahun pemakaian. Namun, beda hal jika kalian memiliki jenis kulit wajah yang berjerawat.

Sebaiknya rutin mengganti produk yang baru setiap 6 bulan sekali. Memperhatikan tekstur, warna, dan aromanya menjadi hal yang paling penting, karena jika ada perubahan signifikan antara 3 hal tersebut sebaiknya langsung berhenti pemakaian.

  • Lipstik dan Concealer

Pada kedua produk tersebut akan memiliki daya tahan pemakaian hingga 2 tahun dengan jenis produk yang non-cair (powder concealer dan lipstik). Sedangkan untuk produk yang berbentuk cair (lip-gloss, lip-matte, dan liquid concealer) hanya dapat bertahan dalam kurun waktu 1 tahun.

Sedangkan untuk produk lainnya, seperti bedak, blush on, bronzer, dan eyeshadow mampu bertahan hingga 2 tahun. Namun, tetap dengan perawatan yang tepat. Bagi kulit wajah yang mudah bermasalah atau sensitif, dapat menggantinya secara rutin apabila sudah merasakan sensasi berbeda ketika diaplikasikan.

Selain memperhatikan tanggal kadaluwarsa, batas umur pemakaian sejak produk digunakan, hingga perubahan pada produk, juga harus diiringi dengan perawatan yang benar. Penyimpanan pada suhu yang sesuai dan stabil dapat membantu ketahanan kualitas produk makeup kalian. Jadi jangan hanya fokus mempercantik riasan saja ya, tapi juga kesehatan wajah.

Penulis: Wiji Adinda Putri
Editor: Indira Difa Maharani