Home News Internasional Israel Resmikan Kantor Kedutaan di Uni Emirat Arab

Israel Resmikan Kantor Kedutaan di Uni Emirat Arab

125
0
SHARE
Menteri Luar Negeri Israel, Yair Lapid pada Selasa (29/6) meresmikan Kedutaan Besar Israel di Uni Emirat Arab (AP). Foto: liputan6.com

Diamma.com- Israel resmikan kantor kedutaan di Uni Emirat Arab pada Selasa (29/06) setelah sembilan bulan normalisasi hubungan kedua negara tersebut.  

Melansir dari CNNIndonesia.com, Menteri Luar Negeri Israel, Yair Lapid mengatakan bahwa Israel ingin hidup damai dengan para tetangganya. Ia juga menyebutkan, Timur Tengah adalah rumahnya dan mendesak negara di kawasan untuk mengakuinya. Peresmian kantor kedutaan ini sebagai simbol realisasi hubungan baik antara dua negara.

“Israel tertarik pada perdamaian dengan semua tetangganya. Kami tidak akan kemana-mana. Timur Tengah adalah rumah kami. Kami tinggal di sini dan kami menyerukan semua negara di kawasan untuk menyadari hal ini,” ujar Lapid

Sejak perjanjian normalisasi hubungan Israel dan Uni Emirat Arab yang dimediasi Amerika Serikat ditandatangani pada September lalu, kedua negara telah menandatangani sejumlah perjanjian mulai dari pariwisata, penerbangan dan layanan jasa keuangan.

Selain itu, UEA dan tiga negara Arab lainnya, yaitu Bahrain, Sudan, dan Maroko, menormalisasi hubungan dengan Israel melalui kesepakatan Abraham Accords.

Penulis: Sarah Nurzakiah
Editor: Rianty Danista