Home News Teknologi 5 Faktor yang Membuat Hard Disk Cepat Rusak

5 Faktor yang Membuat Hard Disk Cepat Rusak

257
0
SHARE
Perangkat hard disk laptop. Foto: Diamma.com/ Rafid Ahmad Fauzi

Diamma.com– Hard disk merupakan perangkat keras yang berguna sebagai penyimpanan data untuk komputer. Hard disk salah satu bagian penting, karena bisa menyimpan data-data dalam laptop atau komputer. Dengan itu, hard disk juga bisa mengalami kerusakan. Alangkah baiknya mencegah hal tersebut sebelum sesuatu yang tidak diinginkan terjadi.

Salah satu langkahnya, dengan mengetahui faktor yang membuat hard disk cepat rusak. Dengan kamu mengetahui faktor tersebut, kamu bisa mengantisipasinya sebelum hal itu terjadi. Berikut ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan hard disk cepat rusak:

1. Over Heat

Over Heat atau panas berlebihan bisa jadi salah satu penyebab rusaknya hard disk. Saat hard disk bekerja terlalu lama atau terlalu berat, hal pertama yang terjadi adalah hard disk kamu akan panas. Solusinya, kamu harus menggunakan kipas pendingin khusus hard disk. Jika tidak memiliki kipas pendingin, kamu harus peduli terhadap laptopmu. Jika sudah terasa panas lebih baik istirahatkan terlebih dahulu.

(Baca Juga: Waspada! Bahaya Sering Memangku Laptop)

2. Benturan

Benturan juga bisa menyebabkan hard disk cepat rusak. Benturan bisa terjadi karena gesekan keras dengan benda lain, guncangan atau bisa juga diakibatkan karena terjatuh. Bahkan ketika membawa laptop di dalam tas, bisa saja menyebabkan terjadi benturan yang tidak disadari. Kamu harus lebih berhati-hati menjaga laptop agar tidak terjadi benturan.

3. Sering Melakukan Instalasi

Seringnya melakukan install dan unistall pada laptop juga bisa memicu kerusakan hard disk. Biasanya hal ini sering dilakukan bagi mereka yang baru mempelajari laptop. Rasa penasaran mereka yang melakukan berbagai kegiatan instalasi. Jika hal ini terus dilakukan, biasanya hard disk akan mengalami bad sector dan akan sangat sulit untuk memperbaikinya.

(Baca Juga: 4 Tanda Laptop Kamu Minta Install Ulang)

4. Penggunaan Berlebihan

Penggunaan berlebihan pada laptopmu dapat menyebabkan hard disk cepat rusak. Bermain gim, memutar video, mendengarkan musik, dalam waktu yang lama akan menyebabkan hard disk bekerja lebih berat. Jadi, kurangi penggunaan laptop ya!

5. Usia Hard disk

Hard disk yang memiliki usia lebih lama, ini juga salah satu penyebab kerusakan hard disk kamu lho. Bahkan bukan hanya itu saja, setiap komponen elektronika pasti memiliki batas usia. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan perawatan terhadap hard disk agar memiliki masa yang lebih panjang dan awet.

(Baca Juga: 5 Trik Jitu Membersihkan Laptop yang Patut DiCoba)

Itulah lima faktor yang membuat hard disk cepat rusak. Semoga dapat membantu kamu agar lebih peduli terhadap laptop yang kamu gunakan, supaya tidak terjadi kerusakan dibagian hard disk ya, Diammania.

Penulis: Rafid Ahmad Fauzi
Editor: Rianty Danista