Home Cetak WARTA: Vaksinasi Tenaga Medis, RSGM FKG Jadi Vaksinator?

WARTA: Vaksinasi Tenaga Medis, RSGM FKG Jadi Vaksinator?

269
0
SHARE
Ilustrasi: Diamma.com/ Audria Dwi Kusuma

Diamma.com- Rumah Sakit Gigi dan Mulut FKG UPDM (B) mendukung program pemerintah untuk memutus mata rantai virus Covid-19 dengan mensosialisasikan vaksinasi pada setiap tenaga medis dan melakukan rapid test.

“Semuanya saat ini yang mau masuk klinik baik mahasiswa atau pun dokter diharuskan mengikuti rapid test terlebih dahulu. Untuk vaksinasi nya sendiri kita sudah menyerahkan daftar yang sudah dan belum divaksinasi lalu dilaporkan ke Dinkes dan dinkes yang mengatur waktu untuk melakukan vaksinasi di rumah sakit terdekat,” ucap Winarti selaku salah satu tenaga medis di RSGM FKG.

Namun, saat ini vaksinasi di Rumah Sakit Gigi masih dilakukan secara mandiri dan diatur oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk waktu dan tempat melakukan vaksinasi.

“Dinkes yang mengatur waktu seperti tanggal dan jam nya untuk kita akan melakukan vaksinasi nanti akan diarahkan ke puskesmas terdekat dari rumah kita. Kita hanya datang, nanti sudah ada daftarnya seperti nama dan nomor telepon,” ujar Winarti

Dikonfirmasikan bahwa Rumah Sakit Gigi dan Mulut FKG UPDM (B) berencana akan menjadi Vaksinator, tetapi saat ini masih dihambati oleh kedatangan vaksin serta belum mendapatkan surat izin dari Dinkes.

“Rencana nya kita akan menjadi Vaksinator dan kita sudah mengikuti pelatihan. Sebelumnya kita sudah menghadap ke Dinkes jika kita akan mengadakan pelatihan namun untuk jadwalnya sendiri belum ada dan vaksin juga belum datang,” ungkap Winarti

Setya Ambar Pertiwi selaku Ketua Satgas Covid-19 Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) mengungkapkan bahwa vaksinasi di Rumah Sakit Gigi dan Mulut FKG UPDM (B) memang belum, namun dari pihak Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) sudah bekerjasama dengan Puskemas di lingkungan Kampus III Bintaro, untuk dosen dan tenaga medis.

“Selain itu juga bekerjasama dengan Puskesmas di lingkungan kampus III Bintaro, untuk dosen, dokter, perawat dan karyawan tetap yang belum divaksinasi, jadwal masih dalam perencanaan,” ujar Setya Ambar.

Penulis: Sarah Nurzakiah

Versi cetak artikel ini diterbitkan di WARTA Diamma edisi # 79 Mei 2021, dengan judul “Vaksinasi Tenaga Medis, RSGM FKG Jadi Vaksinator”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here