Home News Internasional Jack Ma Lengser dari Orang Terkaya di China, Perusahaannya Diawasi Ketat Regulator...

Jack Ma Lengser dari Orang Terkaya di China, Perusahaannya Diawasi Ketat Regulator China

200
0
SHARE
Jack Ma menghadiri Konferensi Kecerdasan Buatan Dunia (WAIC) di Shanghai, China, 17 September 2018.
Foto: Dok. Reuters

Diamma.com- Pendiri Alibaba dan Ant Group, Jack Ma telah kehilangan gelar orang terkaya di China menurut riset dari Hurun pada Selasa (2/3) lalu. Hal ini menunjukkan keberadaannya yang dalam pengawasan ketat regulator China.

Dalam Daftar Orang Terkaya Global versi Hurun, pada tahun 2019 dan 2020 Ma menjadi orang terkaya di tahun itu. Saat ini dirinya berada di peringkat empat di bawah Zhong Shanshan dari Nongfu Spring, Pony Ma dari Tencent Holding dan Collin Huang yang baru berdiri di Pinduoduo.

Tegesernya Jack Ma dari tiga besar orang terkaya di China terjadi setelah regulator China mengekang Ant Group dan Alibaba karena masalah Anti-trust. Ma terlibat masalah yang dipicu dari pidatonya pada 23 Oktober lalu, pada acara tersebut ia mengecam sistem regulasi China yang menyebabkan penangguhan saham (IPO) Ant Group senilai $37 Miliar.

Hingga dari hal tersebut regulator memperketat pengawasan anti monopoli di sektor teknologi dan terfokus pada Alibaba bulan Desember. Ma yang dikenal tidak menghindar dari sorotan, kemudian menghilang dari mata publik sekitar tiga bulan, hal itu memicu spekulasi heboh tentang keberadaannya.

Orang terkaya China saat ini, Zhong  memiliki kekayaan sebesar 550 miliar yuan ($85 miliar), sebagian besar berkat kinerja harga saham Nongfu Spring dan pembuat vaksin Beijing Wantai Biological Pharmacy Enterprise, yang juga dikendalikan oleh dirinya.

Tencent, Pony Ma kekayaannya membengkak 70% selama setahun menjadi 480 miliar yuan sementara kekayaan Huang Pinduoduo tumbuh 283% menjadi 450 miliar yuan. Sebagai perbandingan, kekayaan Ma dan keluarganya tumbuh 22% menjadi 360 miliar yuan.

Sedangkan Zhang Yiming pendiri ByteDance TikTok, masuk ke peringkat lima teratas di antara miliarder China dalam Daftar Orang Terkaya Global Hurun untuk pertama kalinya, dengan perkiraan kekayaan pribadi $54 miliar.

Penulis: Nafis Arsaputra
Editor: Donny Alamsyah