Materi yang dipaparkan oleh dr. Otto Rajasa. Foto: Diamma.com/ Rahma Angraini

Diamma.com- Meski Covid-19 telah tersebar di Indonesia serta semakin bertambah masyarakat yang tertular, hal itu juga sebanding dengan banyaknya informasi yang beredar di televisi maupun di internet yang kian bervariasi.

Maka dari itu, melalui webinar yang diusung oleh STIKOM InterStudi bertajuk “Penyintas Covid-19 Berbagai Cerita” ini diharapkan dapat memberikan informasi seputar Covid-19 dari para penyintas serta dokter yang saat ini tengah menangani Covid-19.

Adapun webinar ini dilaksanakan pada Jumat (5/2) melalui platform Zoom Meeting. Serta, beberapa narasumber dari berbagai kalangan turut hadir, seperti dr. Otto Rajasa (Dokter Relawan Covid-19), Imam T. Saptono (Pengusaha), Gita Widiasanty (Dosen STIKOM InterStudi), Alvian Ardi (Mahasiswa STIKOM InterStudi), dan Poppy Sovia (Artis).

Acara dibuka oleh narasumber pertama, dr. Otto Rajasa. Ia menceritakan kepada para peserta mengenai menjadi relawan dokter Covid-19 dan tugasnya dalam menangani Covid-19 ini.

“Saya sempat ditugaskan di bandara – bandara, ketika pertama kalinya wabah corona masuk ke Indonesia,” ujarnya.

Tak hanya itu, ia menyatakan bahwa dirinya siap mengambil resiko tertular Covid-19 karena memang itu sudah tugasnya.

“Apabila saya tertular, ya tidak apa – apa karena saya melakukannya atas tugas Negara,” tambahnya.

Selain dr. Otto Rajasa yang membagikan kisahnya selama menjadi dokter relawan Covid-19, ada juga dari Gita Widiasanty yang merupakan penyintas Covid-19. Ia mengungkapkan bahwa pada awalnya beliau sudah menjalankan tes usap dan hasilnya negatif. Namun, hasil tes kedua ia dinyatakan positif Covid-19.

(Baca Juga: Webinar STIKOM InterStudi Berikan 5 Tips Agar Tidak Stres saat Terpapar Covid-19)

Alhasil, Gita harus dirawat di rumah sakit. Dalam menjalankan pemulihan, ia melakukan beragam aktivitas yang menurutnya membantu penyembuhan terhadap dirinya.

“Saya ketika dirawat, selalu berpikir positif, melakukan hal – hal yang menyenangkan, dan menjauhi hal – hal yang menyeramkan seperti menonton film horror. Saya tidak pernah takut dengan postingan di internet yang menyeramkan malah, saya selalu posting diri saya ketika sedang dirawat inap. Waktu itu saya hanya makan makanan sehat dan melakukan olahraga kecil, karena dilarang melakukan banyak aktivitas,” ujarnya.

Selanjutnya sharing session dengan Imam T. Saptono, ia ketika masih dirawat karena terpapar Covid-19. Imam selalu diberikan dukungan oleh keluarga untuk kesembuhan dirinya. Tidak lupa juga ia terus berdoa agar dipermudahkan segalanya.

(Baca Juga: STIKOM InterStudi Adakan Webinar pada 5 Februari 2021)

Sesi terakhir bersama Poppy Sovia, ia mengimbau kepada para peserta supaya berhati – hati agar tidak terkena Covid-19. Juga tetap mematuhi protokol kesehatan dengan 3M. Supaya dari diri kita sendiri aware dengan peraturan tersebut, maka Covid-19 akan cepat usai di Indonesia.

Penulis: Devan Aidan Grimaldi
Editor: Rianty Danista