Home Kampus Webinar STIKOM InterStudi Berikan 5 Tips Agar Tidak Stres saat Terpapar Covid-19

Webinar STIKOM InterStudi Berikan 5 Tips Agar Tidak Stres saat Terpapar Covid-19

97
0
SHARE
Tangkapan layar dari webinar STIKOM InterStudi.
Foto: Diamma.com/ Rahma Angraini

Diamma.com- Di tengah pandemi saat ini, kasus positif Covid-19 kian bertambah setiap harinya bahkan di Indonesia sudah mencapai 1.166.079 orang. Maka, banyaknya dari keluarga, orang terdekat, dan lingkungan sekitar terpapar Covid-19.

Untuk kalian yang tertular, alangkah baiknya kalian tetap tenang, merasa aman, dan mendapatkan dukungan dari orang tersayang demi kesembuhan diri kamu. Pikiran harus bersih dan positif, hal ini akan membuat dirimu tidak stres.

“Saya ketika dirawat, selalu berpikir positif, melakukan hal yang menyenangkan, dan menjauhi hal yang menyeramkan, seperti menonton film horror. Juga tidak pernah takut dengan postingan di internet yang menyeramkan, malah selalu posting diri saya ketika sedang dirawat inap. Waktu itu, saya hanya makan-makanan yang sehat dan melakukan olahraga kecil, karena dilarang melakukan banyak aktivitas,” ujar Gita Widiasanty selaku Dosen STIKOM InterStudi.

Berikut lima tips agar tidak stres saat terpapar Covid-19 menurut Gita Widiasanty:

1. Menjaga Pikiran Tetap Positif

Berpikir positif sangat penting dilakukan, karena cara agar kamu tidak stres saat terpapar Covid-19. Menyuruh otak untuk memikirkan hal yang baik sehingga bisa menciptakan semangat dan optimisme di dalam diri. Maka, adanya dorongan atau motivasi untuk sembuh dari virus ini. Yuk tetap semangat Diammania, walaupun Covid-19 Indonesia belum juga usai.

2. Lakukan Hal yang Menyenangkan saat Isolasi Mandiri

Melakukan kegiatan atau aktivitas yang menyenangkan untuk dirimu sendiri. Seperti, menonton film, membaca buku, bermain gim, mendengarkan musik, menulis, dan lainnya. Dengan cara ini, kamu tidak akan stres karena harus isolasi mandiri. Manfaatkan waktu sebaik mungkin ya!

3. Menjauhi Hal yang Dapat Menganggu Pikiranmu

Hindari pikiran yang membuat diri kamu stres. Ketika memiliki masalah, segeralah diselesaikan, supaya pikiranmu tetap sehat dan positif. Kalau kamu terus kepikiran tentang hal-hal yang menganggu, cobalah cerita ke keluarga, teman, atau pacarmu. Untuk mencarikan solusi dan menemukan jalan keluar permasalahan. Demi kesembuhan diri dari Covid-19.

4. Berolahraga dan Makan – Makanan yang Sehat

Walaupun kamu tertular Covid-19, pentingnya berolahraga untuk menyehatkan jasmani dan rohani. Juga makan – makanan sehat dan bergizi. Dengan ini, kamu cepat sembuh dari Covid-19. Pola pikir dan tubuh tetap sehat.

5. Jangan Takut untuk Melihat Postingan di Internet Mengenai Covid-19

Ketika kamu sedang bermain gadget dan membuka sosial media, janganlah takut untuk melihat postingan atau artikel tentang Covid-19. Karena kalau takut, kamu akan berpikir buruk dan merasakan kecemasan. Alhasil, akan menganggu pikiranmu dan dapat menyebabkan stres saat kamu lagi mencoba untuk pulih dari Covid-19. Yuk jangan takut lagi.

Nah, itulah lima tips agar tidak stres saat tertular Covid-19. Untuk itu, kalian harus tetap mengikuti protokol kesehatan dan lawan Covid-19 di Indonesia!

Penulis: Rianty Danista
Editor: Donny Alamsyah