Home Entertainment Gaya Hidup 5 Barang yang Tak Boleh Dipinjamkan Kepada Orang Lain

5 Barang yang Tak Boleh Dipinjamkan Kepada Orang Lain

82
0
SHARE
Ilustrasi beberapa peralatan pribadi yang tidak boleh dipinjam. Foto: shutterstock.com


Diamma.com- Pasti kita sering mendengar kata ‘Sharing is Caring’. Orang tua pasti mengajari anaknya untuk berbagi kepada orang lain. Namun, ada beberapa barang pribadi yang tidak boleh dipinjamkan kepada orang lain. Hal ini dikarenakan barang pribadi rentan terhadap penyebaran bakteri dari satu orang ke orang lain.

Berikut adalah barang pribadi yang tidak boleh dipinjamkan kepada orang lain:

1. Alat Cukur

Alat cukur yang digunakan ada resiko mengandung virus dari kulit yang terkelupas dan mengeluarkan darah. Walau telah dicuci, namun resiko tertular tetap ada, karena rata-rata orang yang memiliki Hepatitis C tidak menyadari penyakit yang diidapnya. Alat cukur yang tidak boleh digunakan seperti alat cukur jenggot, rambut dan bulu seperti bulu ketiak.

2. Gunting Kuku

Tanpa kita sadari, ada banyak bakteri, virus, dan mikroorganisme jamur pada jari dan kuku manusia. Karena itu, gunting kuku bisa menjadi vektor infeksi. Dengan demikian, penggunaan gunting kuku orang lain dapat meningkatkan risiko penyakit jamur kuku dan infeksi kulit lainnya.

3. Riasan

Kaum wanita umumnya saling pinjam-meminjam alat make up, apalagi pengguna jasa make up artist yang tidak kita ketahui kebersihan alat make up-nya, tanpa disadari hal itu akan meningkatkan tertularnya bebagai virus dan bakteri seperti resiko penyakit herpes labialis, yang dapat menyebabkan mulut melepuh. Hendaknya kita rutin membersihkan alat make up untuk mengurangi bakteri atau jamur.

4. Handuk

Handuk memiliki kelembaban yang bisa memunculkan bakteri. Oleh karena itu, ganti handuk setidaknya sekali seminggu dan gantung hingga kering di ruang terbuka, Bakteri seperti infeksi Staph dapat hidup di handuk selama berjam-jam, berhari-hari, bahkan berbulan-bulan. Maka, jangan pernah meminjamkan handuk kepada siapapun.

5. Earphone

Meminjamkan atau memakai earphone orang lain dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri di telinga. Earphone menyebabkan bakteri seperti treptococcus dan staphylococcus untuk masuk ke telinga dan menyebabkan infeksi, dan bisul. Jika masih ingin berbagi, bersihkan terlebih dahulu dengan kapas yang dicelupkan dalam alcohol secara rutin.

(Baca Juga: Cara Mudah Membersihkan Earphone)

Nah, itulah kelima barang yang tidak boleh dipinjamkan ke orang lain. Jadi, harus berhati-hati ya Diammania!

Penulis: Indira Difa Maharani
Editor: Rianty Danista