Home Entertainment Desainer Asal Prancis, Pierre Cardin Meninggal Dunia

Desainer Asal Prancis, Pierre Cardin Meninggal Dunia

75
0
SHARE
Pierre Cardin dan modelnya yang sedang berpose di Paris pada tahun 1985. Foto: Alexis Duclos / AP

Diamma.com- Perancang busana legendaris asal Paris, Prancis, Pierre Cardin meninggal dunia diusia 98 tahun. Mengenai kematiannya, pihak keluarga mengabarkan kepada AFP bahwa ia menghembuskan napas terakhirnya di salah satu rumah sakit di Neuilly, kota Paris bagian barat.

“Ini adalah hari penuh kesedihan untuk keluarga kami. Pierre Cardin sudah tiada,” demikian pernyataan pihak keluarga.

Tak hanya itu, kematiannya juga disampaikan oleh organisasi seni “French Academy of Fine Arts” melalui akun Twitter resminya.

“Dengan sangat sedih para anggota Academy of Fine Arts mengumumkan mengenai kematian anggota mereka, Pierre Cardin,” tulisnya.

The Beatles saat mengenakan setelan jas rancangan Pierre Cardin. Foto: V & A IMAGES

Seperti diketahui, Pierre Cardin berasal dari keluarga kelas pekerja yang sederhana dan lahir pada 7 Juli 1922 di kota kecil dekat Venesia, Italia. Namun, pada saat ia masih kecil keluarganya pindah ke Saint-Étienne di Prancis tengah, tempat Cardin disekolahkan dan menjadi murid khusus menjahit pada usia 14 tahun.

Melansir dari Mirror.co.uk, ia juga merupakan salah satu desainer terkenal dengan gaya Space Age dan Avant Garde nya termasuk gaun gelembung ikoniknya yang dikenal banyak orang sekitar tahun 1954-an.

Selain itu, ia juga pernah bekerja untuk rumah mode Paquin dan Dior pada usia dua puluhan. Lalu, pada tahun 1953, dia mempresentasikan koleksi dan mendirikan butik wanita pertamanya pada tahun berikutnya.

Selain mengguncang mode dengan gaun gelembung dan desain geometris, Pierre juga salah satu orang pertama yang menghadirkan mode kelas atas ke masyarakat dengan menjual koleksi di department store dari akhir tahun 1950-an.

Penulis: Rahma Angraini
Editor: Rianty Danista