Home Entertainment Budaya 5 Tokoh Penting yang Meninggal Dunia Tahun 2020

5 Tokoh Penting yang Meninggal Dunia Tahun 2020

86
0
SHARE
Potret Didi Kempot, Chadwick Roseman, George Floyd, Glenn Fredly dan Kobe Bryant.
Foto: Diamma.com/Nafis Arsaputra

Diamma.com – Layaknya sebagai seseorang manusia pasti ada saatnya pergi meninggalkan dunia dan membawa kesedihan bagi yang ditinggalkan. Hal itu memang sudah ditakdirkan oleh Tuhan dan serta merta sebagai perjalanan hidup.

Berikut telah diamma.com rangkum beberapa tokoh yang menggemparkan Indonesia maupun dunia di tahun 2020 karena kepergian mereka.

1. Kobe Bryant

Kobe Bryant dengan jersey LA Lakers bernomor 8.
Sumber: cnbc.com

Pebasket asal Philadelphia yang selama karirnya berseragam Los Angeles Lakers ini meninggal dunia karena kecelakaan pada (26/2/2020). Kobe pergi bersama putrinya sesaat ingin latihan di California beberapa waktu lalu.

Banyak gelar yang telah diraih oleh Kobe, pria kelahiran 23 Agustus 1978 ini tercatat menjadi pemain terbaik NBA Finals pada tahun 2009 dan 2010. Tak hanya itu, Kobe juga bermain di perhelatan All Stars Game sebanyak 18 kali.

Sebagai penghormatan kepada Kobe Bryant, nomor punggung yang dipakai selama masa hidupnya, yakni 8 dan 24 dipensiunkan oleh Los Angeles Lakers.

2. Glenn Fredly

Pria bernama lengkap Glenn Fredly Deviano Latuihamallo ini lahir pada 30 September 1975. Sumber: cnnindonesia.com

Kancah permusikan Tanah Air juga mengalami duka yang mendalam karena kepergian seorang musisi Indonesia, yaitu Glenn Fredly pada (8/4) lalu.

Dilansir dari kompas.com, kabar duka tersebut awalnya berasal dari sahabatnya, Tompi, yang juga rekannya dalam Trio Lestari. Menurut Tompi, Glenn meninggal sekitar pukul 18.00 WIB. Glenn Fredly meninggal dunia pada usia 44 tahun. Seperti diketahui, Karya-karyanya telah menghiasi belantika musik Indonesia sejak tahun 90-an.

3. Chadwick Boseman

Chadwick Boseman berswafoto di tahun 2018.
Sumber : nytimes.com

Terkenal lewat filmnya yang berjudul ‘Black Panther’ dan perannya sebagai raja di Wakanda, Chadwick Boseman pria berkebangsaan Amerika Serikat ini meninggal dunia usai melawan penyakit kanker usus yang dideritanya.

Pihak Marvel Kevin Feige mengaku begitu kehilangan akan sosok Chadwick Boseman, baik itu sebagai teman baik maupun keluarga dari Marvel. Ia juga mengonfirmasi karakter Chadwick Boseman sebagai T’Challa sudah begitu ikonik dan familiar di mata pecinta film dilansir dari republika.co.id.

4. Didi Kempot

Potret sosok The Godfather of Brokenheart.
Sumber: mediaindonesia.com

Hati sobat ambyar dibuatnya hancur berkeping-keping dengan lagu dari beliau, seketika di tahun yang menjadikan beliau di puncak karirnya, tiba tiba dikejutkan dengan meninggalnya sosok Didi Kempot.

Penyanyi yang dijuluki Godfather of Brokenheart ini meninggal di usia 53 tahun. Didi Kempot memulai karirnya sebagai pengamen jalanan sejak 1984 hingga 1986, dari pengalaman tersebut tercetuslah nama “Kempot” yang artinya Kelompok Pengamen Trotoar.

5. George Floyd

Karya Mural George Floyd di Berlin, Jerman.
Sumber : bbc.com

Kancah jagat sosial media dikagetkan dengan kepergian sesosok yang detik-detik kematiannnya tersebar luas di sosial media. Melansir dari Kompas.com, awalnya George dituduh menggunakan uang palsu ketika melakukan transaksi di toko kelontong. Akibat peristiwa tersebut, George meninggal dunia.

Adanya kekerasan polisi terhadap Floyd yang merupakan kulit hitam ini kemudian berimbas pada demonstrasi besar di AS dengan mengangkat isu rasisme atau dikenal dengan Black Lives Matter. Setelah kematiannya, hampir seluruh negara di dunia tersentil akan isu terkait hak asasi manusia.

Penulis: Nafis Arsaputra
Editor: Donny Alamsyah