Home Kampus AMSI Sukses Adakan Webinar IDC 2020 Bertemakan “Inovasi Beyond Pandemi”

AMSI Sukses Adakan Webinar IDC 2020 Bertemakan “Inovasi Beyond Pandemi”

107
0
SHARE
Flyer IDC 2020 dengan tema “Inovasi Beyond Pandemi”. Foto: Instagram/ @amsi_id

Diamma.com– Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) sukses menyelenggarakan webinar yang berlangsung selama dua hari, Selasa dan Rabu 15-16 Desember 2020.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dijadwalkan akan membuka konferensi ini. Acara tercatat lebih dari 3.500 peserta untuk mengikuti Indonesia Digital Conference (IDC) 2020 secara virtual dengan mengangkat tema “Inovasi Beyond Pandemi”.

Kegiatan yang digelar saat pandemi Covid-19 menghadirkan sejumlah narasumber ahli, pelaku bisnis, dan berbagai sektor, termasuk sektor media untuk mendiskusikan inovasi dan transformasi digital yang terjadi saat ini dan pengembangan pasca pandemi.

Wenseslaus Manggut selaku Ketua Umum AMSI mengungkapkan bahwa dengan situasi dan kondisi yang sulit saat pandemi Covid-19, hampir semua aspek kehidupan manusia digitalisasi ini lah yang mempercepat prosesnya.

“Demi menekankan penyebaran virus, misalnya semua pihak harus memaksimalkan kekuatan teknologi bekerja, sekolah dengan menggelar rapat virtual, event virtual, sekolah virtual dan sekian hal yang hari ini terlihat menjadi “normal baru” dalam kehidupan saat ini,” katanya.

Sesi pertama pukul 11.00 – 12.30 WIB mengusung tema tentang Macro View: Ekonomi Digital Pasca Pandemi, sesi kedua pukul 13.30 – 15.00 WIB Regulasi dan Infrastruktur Digital, dan sesi ketiga pukul 15.30 – 17.30 WIB Discrupting Legacy, Innovation Beyond the Pandemic.

Dalam kegiatan ini, mengundang sebanyak 24 narasumber. Namun, di setiap sesi akan dipandu oleh Maria Y. Benyamin (Pemimpin Redaksi Bisnis Indonesia), Irfan Djunaidi (Pemimpin Redaksi Republika), Amri Hakim (Chief Content Officer Hukumonline.com), Metta Dharmasaputra (Founder Katadata.co.id), Wisnu Nugroho (Pemimpin Redaksi Kompas.com), dan Wahyu Dhyatmika (Pemimpin Redaksi Majalah Tempo).

IDC AMSI 2020 mendapat dukungan sponsor dari Telkomsel, BNI, BRI, PLN, BTN, Bank Mandiri, Astra, Gojek, Pertamina, Astra Honda Motor.

Acara tersebut juga turut mengundang kampus di dalam kota maupun luar kota. Kampus yang berpartisipasi dari Jakarta yakni, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), FISIP Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Politeknik Negeri Media Kreatif, Universitas Pelita Harapan (UPH), Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP), Universitas Tarumanegara (Jakarta).

Kampus di luar kota, seperti Universitas Mulawarman (Samarinda), Universitas Islam Malang (Malang), Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah (Surakarta), Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Yogyakarta), Universitas Negeri Gorontalo (Gorontalo), dan Universitas Islam Negeri Ar-Rariny (Aceh).

Penulis: Anindita Safira
Editor: Rianty Danista