Home News Internasional Joe Biden Cetak Rekor Suara Terbanyak Pilpres AS Mengalahkan Barack Obama

Joe Biden Cetak Rekor Suara Terbanyak Pilpres AS Mengalahkan Barack Obama

52
0
SHARE
Joe Biden, calon presiden Amerika Serikat. Foto: Joebiden.com

Diamma.com- Calon Presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat, Joe Biden mencetak sejarah baru dipemilihan presiden AS, yang berhasil melampaui rekor Barack Obama pada tahun 2008 lalu.

Melansir tempo.com, sebelumnya rekor pilpres AS dipegang oleh Barack Obama sebanyak 69.498.516 suara. Namun kini Biden berhasil melampaui capaian tersebut dengan lebih dari 70 juta suara.

Seperti diketahui, pada Rabu malam (4/11) waktu setempat, Biden telah mendapatkan lebih dari tiga juta suara popular dan lebih tinggi daripada Trump. Namun, suara tersebut belum semuanya terhitung, masih banyak suara yang akan berdatangan termasuk yang menggunakan pengiriman pos.

Presiden Donald Trump juga memiliki kesempatan untuk memecahkan rekor Obama sebelumnya untuk perolehan suara terbanyak. Berdasarkan hasil sementara, Trump menang di Texas, Florida, Iowa, Montana, dan Utah. Sedangakan Biden unggul di Arizona, California, Hawaii, dan Minnesota.

Adapun, pemenangan pemilu ditentukan melalui sistem electoral college. Istilah ini diberikan kepada “pemilih” calon presiden dan wakilnya yang mewakili setiap negara bagian. Dengan begitu, pada dasarnya warga AS tidak memilih secara langsung presidennya.

Penulis: Fitra Rahma Dini
Editor: Rahma Angraini