Home News Internasional Kontroversi Memanas, Berikut Tanggapan Para Petinggi Negara yang Mengecam Presiden Prancis

Kontroversi Memanas, Berikut Tanggapan Para Petinggi Negara yang Mengecam Presiden Prancis

142
0
SHARE
Presiden Prancis, Emmanuel Macron. Foto: financialexpress.com

Diamma.com- Buntut panjang dari pernyataan Presiden Prancis, Emmanuel Macron yang kontroversi dengan menyinggung umat Islam menuai kecaman dari seluruh dunia, khususnya negara yang mayoritas beragama muslim. Beragam komentar pro dan kontra dari berbagai kalangan terus bermunculan di media sosial, terutama dari para petinggi negara.

Berikut deretan petinggi negara yang mengecam pernyataan Emmanuel Macron:

• Recep Tayyip Erdogan (Presiden Turki)

“Mereka harus menyingkirkan penyakit Islamofobia di dalam tubuh mereka. Jika tidak, penyakit ini akan menghancurkan seluruh Eropa, dari Prancis hingga Jerman,” ungkapnya.

• Arif Alvi (Presiden Pakistan)

“Sangat disayangkan bahwa dia telah memilih untuk mendorong Islamofobia dengan menyerang Islam daripada teroris yang melakukan kekerasan, baik itu muslim, Supremasi Kulit Putih atau ideolog Nazi,” katanya.

• Mohammad Javad Zarif (Menteri Luar Negeri Iran)

“Muslim adalah korban utama dari ‘pemujaan kebencian’, diberdayakan oleh rezim kolonial dan diekspor oleh klien mereka sendiri,” tulis Mohammad Javad Zarif melalui Twitter.

(Baca Juga: PBB Nilai Karikatur Kontroversial Nabi Muhammad SAW Sebagai Aksi Provokasi)

• Retno LP Marsudi (Menteri Luar Negeri RI)

“Indonesia kecam pernyataan Presiden yang menghina agama Islam. Indonesia condemns the statements made by President Emmanuel Macron of France that insults Islam,” tulis melalui akun Twitter @Kemlu_RI.

Penulis: Indira Difa Maharani
Editor: Rahma Angraini