Home Travel Kuliner Wajib Dicoba! Berikut 3 Kuliner Legendaris di Jakarta Pusat

Wajib Dicoba! Berikut 3 Kuliner Legendaris di Jakarta Pusat

154
0
SHARE
Sepiring lengkap Gado-gado Bon Bin. Foto: Instagram.com/hungryfever

Diamma.com– Berburu kuliner di pusat Kota Jakarta rasanya takkan ada habisnya. Setiap sisinya sudah dipenuhi berbagai macam jenis makanan. Namun salah satu sudut metropolitan, yakni tepatnya di Jakarta Pusat masih menyimpan kuliner legendaris yang hingga saat ini tetap bertahan, serta selalu menjadi incaran banyak orang untuk bersantap.

Berikut ini Diamma.com sudah merangkum 3 kuliner legendaris di Jakarta Pusat. Penasaran kan ada apa saja? Yuk simak!

  1. Gado-gado Bon Bin
Gado-gado Bon. Foto: Instagram.com /manualjakarta

Berdiri sejak tahun 1960, Gado-gado Bon Bin ini sangat terkenal akan cita rasa dan tekstur dari bumbu kacang miliknya tersebut. Kacang yang digunakan pun merupakan kacang tuban atau kacang vietnam. Kuliner ini memiliki perpaduan rasa antara manis, gurih, dan juga sedikit asam segar dalam sepiring gado-gadonya. Seperti pada umumnya, Gado-gado Bon Bin berisi sayuran yang terdiri dari kacang panjang, kol, bayam, tauge, tahu, kentang, dan juga mentimun.

Cara menyajikannya juga tak semua bahan diulek, melainkan potongan sayur dan pelengkap lainnya disiram langsung dengan bumbu kacang khasnya, lalu ditambah kerupuk udah di atasnya. Bahkan untuk menciptakan rasa pedasnya, anda perlu menambahkannya sendiri secara terpihak, tidak seperti gado-gado lainnya.

“Ini bedanya, biasanya kan masih ada kaya teksturnya (bumbu kacang). Ini tuh kaya enggak ada sama sekali lho. Duh enak, manisnya enggak terlalu manis. Aku bisa ngerasain asinnya juga,” ungkap Food Vlogger, Ria SW dalam unggahan video pada akun Channel Youtubenya.

Kalau ingin mencicipi enaknya gado-gado ini, kalian bisa berkunjung ke Jalan Cikini IV No. 5, Menteng, Jakarta Pusat. Pada jam operasional: 10.00 – 17.00 WIB dengan harga Rp15.000 – Rp40.000.

2. Mie Ayam Gondangdia

Mie Ayam Gondangdia. Foto: Instagram.com /jktfoodbang, shared by: @ericekos

Kuliner legendaris kedua adalah Mie Ayam Gondangdia yang telah berdiri sejak tahun 1968. Sudah banyak fakta tersebar mengenai Mie Ayam Gondangdia yang juga menjadi salah satu makanan favorit mantan Presiden ke-5 Republik Indonesia, Megawati Soekarnoputri.

Memiliki tekstur mie yang lembut, kenyal, dan gurih, serta kuah kaldunya yang kental. Tak heran jika masih banyak orang yang mencarinya. Saking enaknya, bahkan tak pernah sepi pengunjung meskipun beberapa tahun silam sempat ada pemindahan tempat sementara, akibat musibah kebakaran yang menimpa bangunan Mie Ayam Gondangdia tahun 2014.

Menu andalan mereka adalah mie pangsit, dengan pilihan pangsit rebus yang lembut atau pangsit goreng yang crispy. Apalagi topping ayam yang diberikan pun melimpah. Jadi pasti puas banget deh!

Kalau ingin mencicipi lezatnya mie ayam ini, kalian bisa berkunjung ke Jalan RP. Soeroso No. 36, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat dari jam 09.00 – 22.00 WIB dengan harga Rp25.000 – Rp75.000.

3. Nasi Uduk Gondangdia

Nasi Uduk Gondangdia. Foto: Instagram.com/nasiudukgondangdia

Berbeda dengan nasi uduk pada umumnya, yang satu ini memiliki cara penyajian yang berbeda. Menggunakan daun pisang sebagai pembungkus nasi uduknya, lalu dibentuk menjadi kerucut layaknya tumpeng. Rumornya bentuk demikian dicetuskan sebagai simbol dari Monumen Nasional yang ada di Jakarta. 

Telah buka sejak tahun 1993, rasa dari nasi uduk yang gurih, semakin lengkap dan lezat dengan aroma harum yang dikeluarkan dari daun pisang tersebut. Serta taburan bawang goreng yang ada pada nasinya juga menambah kekayaan rasa saat menyantapnya.

Nasi Uduk Gondangdia menyediakan banyak pilihan lauk, seperti ayam goreng/bakar, aneka ikan, ati ampela, daging empal, babat, paru, cumi, udang, tempe, tahu, petai, dan masih banyak lainnya. Dalam satu porsi hidangan didampingi dengan lalapan dan sambal yang terdiri dari sambal terasi maupun sambal kacang.

Kalau ingin mencicipi enaknya nasi uduk ini, kalian bisa berkunjung ke Jalan Cikini IV No. 12, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat dari jam 10.00 – 23.00 WIB dengan kisaran harga < Rp75.000.

Penulis: Wiji Adinda Putri
Editor: Indira Difa Maharani