Home Travel Destinasi Berikut 4 Tempat Wisata Bersejarah di DKI Jakarta yang Dapat Kamu Kunjungi...

Berikut 4 Tempat Wisata Bersejarah di DKI Jakarta yang Dapat Kamu Kunjungi Saat Liburan

72
0
SHARE
Kawasan Monas yang berlatar gedung-gedung tinggi di DKI Jakarta. Foto: Instagram/visitjakarta

Diamma.com- DKI Jakarta merupakan salah satu tempat di Indonesia yang tepat untuk mempelajari lebih lanjut tentang sejarah Indonesia yang rumit. Jadi, bagi wisatawan yang ingin mengetahui tentang sejarah Indonesia, maka bisa berkunjung ke salah satu tempat wisata bersejarah di kota ini. Meski saat ini masih adanya pandemi Covid-19, namun keempat destinasi berikut dapat kamu masukan di bucketlist perjalanan nantinya.

Kali ini, diamma.com sudah merangkum beberapa tempat wisata bersejarah di DKI Jakarta yang bisa kamu kunjngi baik sendiri maupun dengan orang lain lho, Diammania!

Kawasan Kota Tua. Foto: Instagram/visitjakarta
  1. Kota Tua

Kota Tua juga banyak dikunjungi oleh wisatawan asing maupun lokal karena menyimpan banyak cerita sejarah. Sehingga, bagi para wisatawan yang menyukai tur tentang sejarah cocok sekali memilih kota tua sebagai wisata edukasi. Kawasan Kota Tua terdapat beberapa museum seperti Museum Fatahillah, Museum Wayang, Museum Bank Mandiri, Museum Bank Indonesia, dan lain-lain. Tempat tersebut masih berada di Kawasan Kota Tua, Taman Fatahillah No.1, RT.7/RW.7, Pinangsia, Taman Sari.

Tampak depan dari Museum Gajah yang berada di Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Foto: Instagram/visitjakarta
  1. Museum Gajah atau Museum Nasional

Museum Gajah atau Museum Nasional, terletak di Jalan Medan Merdeka Barat No.12, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat. Tempat bersejarah di Jakarta ini merupakan salah satu museum yang memiliki banyak peninggalan sejarah serta arca. Kamu juga akan disuguhkan prasasti batu dari berbagai kerajaan pada zaman dulu lho, Diammania!

Terlihat kapal-kapal yang sedang bersandar di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara. Foto: Instagram/visitjakarta
  1. Pelabuhan Sunda Kelapa

Pelabuhan ini menjadi bukti sejarah bahwa Indonesia pernah dijajah Belanda. Pelabuhan Sunda Kelapa merupakan salah satu pelabuhan tersibuk saat penjajahan Belanda waktu itu. Letak pelabuhan ini tidak jauh dari Kota Tua Jakarta lho, Diammania. Tepatnya, pelabuhan ini terletak di Jalan Maritim Raya no.8 Jakarta Utara dan berada di muara Sungai Ciliwung.

Kawasan Monas yan terletak di Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat. Foto: freepik
  1. Monumen Nasional atau Monas

Siapa yang tidak kenal ikon wisata  kota Jakarta ini? Menara dengan tinggi 132 meter ini merupakan tempat wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Bangunan yang diresmikan dan dibuka pada tahun 1975 oleh Presiden Republik Indonesia Soeharto ini, melambangkan perjuangan bangsa Indonesia selama penjajahan sampai pada masa kemerdekaan.

Selain itu, pada puncak Monas dilapisi dengan emas yang melambangkan semangat perjuangan yang menyala-nyala. Adapun saat berkunjung, pengunjung dapat naik hingga ke tugu Monas dan melihat keindahan Kota DKI Jakarta dari ketinggian tersebut.

Penulis : Faradilla Rachman
Editor : Rahma Angraini