Home Entertainment Gaya Hidup Beda Warna Kulit Pada Buah Naga Ternyata Beda Manfaatnya, Lho!

Beda Warna Kulit Pada Buah Naga Ternyata Beda Manfaatnya, Lho!

45
0
SHARE
Terlihat berbagai jenis buah naga. Foto: manado.tribunnews.com

Diamma.com- Buah naga tentu sudah tidak familiar bagi kita. Bentuknya yang khas, kemudian cara mengonsumsi yang cukup mudah, dan rasanya yang menyegarkan membuat buah ini banyak digemari. Tapi tahukah kamu, kalau buah naga ini nggak cuma berwarna merah saja? Ada juga lho buah naga yang daging buahnya berwarna putih, bahkan kehitaman.

(Baca juga: Manfaat Sayur dan Buah yang Kaya akan Kandungan Air)

Buah naga sendiri mengandung berbagai macam vitamin yang baik untuk tubuh manusia. Namun, tiap warna buah naga memiliki manfaatnya sendiri-sendiri yang tentunya sayang jika dilewatkan.

1. Buah Naga Putih

Buah naga putih yang kaya akan vitamin C. Foto: inisehat.com

Buah naga putih cenderung berukuran lebih kecil dan kulitnya berwarna merah cerah. Dagingnya yang berwarna putih ini kaya akan vitamin C dan antioksidan yang dapat memperlambat hadirnya penuaan dini pada kulit.

Selain itu, buah naga putih juga mengandung serat yang baik untuk saluran pencernaan, menjaga berat badan tetap ideal atau menurunkan berat badan berlebih, dan menjaga tekanan darah.

2. Buah Naga Merah

Buah naga merah yang mengandung antioksidan dan kalsium. Foto: dream.co.id

Buah naga dengan warna kulit merah cenderung gelap dan berukuran besar mengandung antioksidan, kalsium, dan fosfornya yang tinggi serta bermanfaat untuk mencegah radikal bebas, kanker, dan penuaan dini. Bahkan, buah ini melindungi tubuh dari obesitas, penyakit hati, gula darah tinggi, dan penyakit jantung karena mengandung betasianin.

(Baca juga: Rasakan 5 Manfaat Buah Apel untuk Tubuh)

3. Buah Naga Kuning

Buah naga kuning dengan daging buahnya yang putih kaya akan vitamin A. Foto: health.detik.com

Kulit buah ini identik dengan warna kuning terang dan sedikit berduri. Buah naga satu ini rasanya sangat manis meski ukurannya paling kecil dari ketiga jenis buah naga yang sedang kita bahas. Vitamin A dalam buah naga kuning juga lebih banyak, sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.

4. Buah Naga Hitam

Buah naga hitam yang mengandung vitamin E yang bermanfaat untuk kulit. Foto: mooimom.id

Mirip dengan buah naga merah, daging dari buah naga hitam ini nampak lebih pekat. Buah naga hitam mengandung vitamin E yang bermanfaat untuk kesehatan kulit. Manfaat buah naga hitam lainnya adalah dapat mencegah terjadinya anemia karena salah satu kandungan buah naga hitam adalah zat besi. Zat besi berperan dalam pembentukan sel darah merah.

Nah itu dia Diammania, manfaat buah naga yang tidak perlu dipertanyakan lagi, bahkan tiap warna buah naga memiliki manfaatnya tersendiri. Pastikan mengonsumsi buah naga dalam jumlah cukup untuk memperoleh manfaatnya secara optimal ya, Diammania.

(Baca juga: Disebut Dalam Al-Qur’an, Berikut Khasiat Buah Tin untuk Tubuh)

Penulis: Liza Luai’ati Niswah
Editor: Rahma Angraini