Home News Nasional Perdana di Sidang Umum PBB, Ini Pesan Presiden Jokowi

Perdana di Sidang Umum PBB, Ini Pesan Presiden Jokowi

54
0
SHARE
Presiden Joko Widodo. Foto: CNN Indonesia

Diamma.com- Presiden Joko Widodo melakukan pidato perdananya di Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) yang ke-75 pada Rabu (23/9). Sidang ini diselenggarakan di gedung Perserikatan Bangsa Bangsa pada pukul 20.30 waktu New York.

Dengan tema “The Future We Want, the UN We Need: Reaffirming our Collective Commitment to Multilateralism – Confronting COVID-19 through effective Multilateral Action“, Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi mengatakan pada sidang ini, Presiden Jokowi menyampaikan pesan penting perihal pandemi yang tengah melanda dunia.

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi mengatakan bahwa semua negara berhak mendapatkan akses vaksin dengan aman dan harga terjangkau.

“Vaksin akan menjadi game changer dalam perang melawan pandemi. Kita harus bekerja sama untuk memastikan bahwa semua negara mendapatkan akses setara terhadap vaksin yang aman dan dengan harga terjangkau,” kata Jokowi lewat kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Melansir kompas.com, Presiden Jokowi juga mengatakan pada prinsipnya semua negara harus mengedepankan semangat multilateralisme dalam bekerja sama menghadapi pandemi. Oleh karena itu, diperlukan kerjasama di berbagai bidang terutama bidang ekonomi dan kesehatan.

Penulis: Devan Aidan Grimaldi
Editor: Indira Difa Maharani