Home Travel Kuliner Kuliner Autentik! Berikut Makanan Khas Kebumen yang Wajib Dicoba

Kuliner Autentik! Berikut Makanan Khas Kebumen yang Wajib Dicoba

299
0
SHARE
Lotek makanan yang disajikan serba dadakan dengan bumbu kacang. Foto: Instagram.com/ gado2_bundang

Diamma.com- Kebumen merupakan salah satu daerah di Jawa Tengah yang menyuguhkan banyak sekali destinasi wisata alam menakjubkan. Berwisata ke Kebumen pastinya kamu mengunjungi berbagai lokasi wisata alam, tapi nggak afdol rasanya jika tanpa mencicipi makanan khas di sana.

Banyak kuliner khas di Kebumen yang bercita rasa enak dan membuat lidah kamu tergila-gila. Kita-kira apa saja ya makanan tersebut? Berikut beberapa makanan khas Kebumen yang sudah dirangkum untuk Diammania! 

1.       Lotek 

Lotek memang terlihat mirip dengan pecel, mulai dari isi hingga bumbunya. Menurut Katri Winarni warga asli Kebumen, penyajian lotek dan pecel memiliki perbedaan yang cukup unik. Jika saus pecel sudah dibuat secara praktis alias bumbu kacangnya sudah ditumbuk terlebih dahulu bersamaan dengan cabai, sehingga jika ada pembeli maka tinggal menuangkan bumbu kacang tersebut dengan air panas. Sedangkan lotek, pengerjaannya dadakan, yaitu kacang, kencur, bawang putih, dan gula baru akan diulek saat pembeli memesan, jadi pelanggan akan menunggu beberapa menit. Wah unik ya penyajian lotek ini.

2.       Nasi Penggel

Makanan khas Kebumen berikutnya adalah nasi penggel. Melansir dari akun instagram @visitkebumen, nasi penggel merupakan nasi yang dikepal berbentuk bulat dengan alas daun pisang dan lauk utama kikil atau jeroan sapi ,sayur nangka, daun singkong, tempe dan juga melinjo. 

Sepintas nasi penggel ini terlihat mirip dengan gudeg, yang membedakan hanyalah lauknya saja. Jika kamu ingin mencicipi makanan ini, biasanya hanya ditemui pada pagi hari mulai pukul 06.00 – 09.00 WIB.

3.       Sate Ambal 

Layaknya kota lain, Kebumen juga memiliki sate khas yang patut dicoba saat berkunjung  ke sana. Sate ambal adalah makanan khas Kebumen yang sekilas mirip dengan satu madura karena sambal kacangnya. Nama ambal ini merupakan nama daerah yang pertama kali dijadikan Desa Ambalresmi, Kecamatan Ambal di pesisir selatan Kebumen. Apakah Diammania tertarik dengan makanan ini? 

Penulis : Faradilla Rachman
Editor: Indira Difa Maharani