Home News Nasional Tips Aman Naik Transportasi Umum saat PSBB Total Jilid II

Tips Aman Naik Transportasi Umum saat PSBB Total Jilid II

54
0
SHARE
MRT Jakarta menerapkan social distancing dan larangan berbicara bagi para penumpang. Foto: tirto.id

Diamma.com- Transportasi umum menjadi salah satu akomodasi yang sangat vital bagi sebagian masyarakat Jakarta, terutama di wilayah Bodebek. Namun sayangnya, transportasi umum dinilai menjadi salah satu media penyebaran Covid-19.

Selain itu, penyebaran Covid-19 yang terus meningkat di ibu kota mengharuskan diterapkan kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total oleh Anies Baswedan. Semula yang perlahan berangsur normal, kini harus kembali lagi memperketat protokol kesehatan dan menjalani isolasi mandiri di rumah.

Akan tetapi, jika terpaksa harus berpergian, pastikan kamu mengikuti serangkaian tips ini agar terhindar dari Covid-19. Yuk simak!

  1. Pastikan Kondisi Tubuh Sedang Fit

    Pastikan tubuhmu sedang dalam kondisi prima. Kamu dapat mengatasinya dengan minum vitamin C atau suplemen sebelum berpergian. Jangan paksakan diri jika kamu sedang tidak enak badan, seperti pusing, demam, atau flu. Lebih baik berdiam diri di rumah agar kondisimu tidak semakin parah. Sebab, kondisi yang tidak fit membuat dirimu lebih mudah terpapar Covid-19.
  2. Gunakan Masker dan Bawa Hand Sanitizer

    Sesuai protokol kesehatan, kamu harus menggunakan masker selama berpergian. Kamu juga dapat membawa masker pengganti agar jauh lebih bersih dan aman dari paparan virus serta bakteri. Selain itu, bawa hand sanitizer untuk digunakan sesaat setelah kamu memegang gagang atau benda apapun di transportasi umum. Ingat, kebersihan tanganmu sangat penting, loh!
  3. Cek Jadwal Transportasi Secara Berkala

    Kamu juga harus cek jadwal transportasi umum secara berkala, loh! di situasi ini, kebijakan dapat selalu berubah-ubah tergantung apakah penyebaran Covid-19 meningkat atau tidak. Seluruh kapasitas transportasi pun dipangkas menjadi 50 persen dari kapasitas normal. Kamu dapat mengeceknya melalui akun media sosial atau situs resmi dari transportasi yang akan kamu gunakan.
  4. Jaga Jarak Aman dan Tidak Berbicara

    Jangan berkerumun saat di dalam transportasi umum. Kamu dapat memisahkan diri ke tempat yang lebih sepi bahkan menaiki kereta atau bis selanjutnya. Jangan paksakan diri jika transportasi itu sudah penuh. Selain itu, jangan bercakap-cakap karena penyebaran Covid-19 melalui droplet yang keluar dari mulut kita.

    Setelah serangkaian tips di atas, yang terpenting adalah kamu harus selalu disiplin terhadap protokol kesehatan. Oleh karena itu, kamu bahkan keluargamu di rumah terhindari dari Covid-19.

    Penulis: Faradina Fauztika
    Editor: Indira Difa Maharani