Home Entertainment Gaya Hidup 5 Aturan yang Harus Diketahui saat ke Jepang

5 Aturan yang Harus Diketahui saat ke Jepang

71
0
SHARE
Suasana di dalam kereta Jepang. Foto: Travel.detik.com

Diamma.com- Siapa yang tidak mau ke Jepang? Negara di Asia Timur yang menawarkan beragam tempat wisata ini sangat menggoda warga asing untuk datang ke Negeri Matahari tersebut. Namun, dibalik keindahan negara tersebut, tahukah kamu bahwa ada beberapa peraturan yang harus udipatuhi baik oleh para penduduk Jepang, maupun pendatang dari luar? Simak berikut ini ya!

1. Menuangkan Minuman di Acara Nomikai

Melansir japanesestation.com, ketika dalam acara nomikai (pesta minum) sebaiknya kamu menuangkan minuman kepada kawanmu, begitu pun sebaliknya. Caranya adalah dengan menuangkan minuman kepada atasanmu terlebih dahulu, lalu klien atau temanmu.

2. Jangan Berisik Ketika di Dalam Kereta

Ketika sedang berada di dalam kereta, penumpang tidak diperbolehkan melakukan aktivitas yang mengeluarkan suara berisik. Apabila ingin mendengarkan musik, pastikan kamu menggunakan earphone. Namun, bila kamu mendapat panggilan telephone, biasanya kereta menyediakan gerbong khusus loh.

3. Menancapkan Sumpit di Mangkuk Berisi Nasi

Jika kamu menancapkan sumpit di mangkuk nasi, kamu akan dianggap tidak menghormati tuan rumah atau kawanmu ketika sedang dalam acara makan bersama. Pasalnya, menurut kepercayaan mayoritas penduduk Jepang, arti menancapkan sumpit di mangkuk berisi nasi dianggap tabu menyerupai orang meninggal.

4. Berdiri di Tempat yang Tepat

Bila kamu berada di eskalator area Kanto, kamu wajib berdiri di sebelah kiri dan menyisakan tempat di sebelah kanan bagi orang yang ingin mendahului. Sebaliknya, ketika berada di Kansai, kamu harus berdiri di sebelah kanan eskalator.

5. Tata Cara Memakai Oshibori

Ketika mengunjungi restoran Jepang, pengunjung akan menemukan handuk kecil panas atau oshibori yang telah disediakan di tempat. Kamu boleh memakai untuk membasuh tangan dan wajah. Namun, jangan lupa untuk melipat kembali dan letakan di tempat seperti semula agar dianggap lebih sopan.

Nah, itu dia beberapa peraturan yang harus kamu ketahui saat ingin berlibur ke Jepang. Meski begitu, di mana pun kamu berada harus tetap menghormati lingkungan sekitar ya.

Penulis: Devan Aidan Grimaldi
Editor: Indira Difa Maharani