Home Entertainment Gaya Hidup 5 Tips Mengatasi Ponsel Lambat saat Bermain Game

5 Tips Mengatasi Ponsel Lambat saat Bermain Game

73
0
SHARE

Ilustrasi masyarakat yang sedang bermain game bersama pada ponselnya. Foto : Shutterstock

Diamma.com- Bermain game melalui ponsel saat ini sudah menjadi hiburan yang dilakukan oleh sebagian besar masyarakat terutama di kalangan remaja. Tetapi, terkadang game juga dapat membuat kesal para pemainnya karena ponsel yang digunakan saat bermain mengalami kelambatan. Oleh karena itu, untuk mengurangi rasa kesal Diammania saat bermain game, berikut 5 tips untuk mengatasi lag pada ponsel yang telah dirangkum Diamma.com, yuk simak!

  • Matikan Aplikasi yang Tidak Digunakan

Aplikasi yang masih berjalan di balik layar padahal sudah tidak digunakan dapat membuat ponsel menjadi lambat. Bukan hanya itu, hal ini juga dapat membuat baterai ponsel cepat habis dan memakan banyak RAM. Untuk meminimalisir hal tersebut, maka Diammania dapat mematikan aplikasi yang sudah tidak digunakan agar dapat bermain game secara lancar tanpa adanya lag.

  • Gunakan Jaringan 4G atau WiFi

Seringkali jaringan menjadi permasalahan utama yang dialami oleh pemain game. Sehingga dalam bermain game melalui ponsel sangat disarankan menggunakan jaringan internet yang kuat seperti 4G atau WiFi untuk menutup kemungkinan lag. Tetapi dalam menggunakan WiFi, pastikan tidak banyak orang yang juga menggunakannya karena hal tersebut dapat mempengaruhi kecepatan jaringan. Sedangkan untuk Diammania yang masih menggunakan jaringan 3G, dapat mencari tempat dengan sinyal yang bagus.

  • Update Game

Layaknya aplikasi lain, game juga perlu di-update atau diperbaharui. Meng-update game dengan versi terbaru sangat berpengaruh untuk menghindari adanya lag saat bermain game. Karana apabila hal tersebut tidak dilakukan, seringkali versi lama dari game tidak lagi tersedia sehingga dapat menghambat permainan. Jadi, sebelum bermain jangan lupa cek pembaharuan game-nya ya, Diammania.

  • Hapus File yang Tidak Penting

Menghapus file yang tidak penting sangat membantu untuk mengurangi lag saat bermain game. Seringkali file tidak penting ditemukan di memori internal maupun eksternal yang dapat membuat ponsel menjadi lambat. Oleh karena itu, sebaiknya file tersebut dihapus agar tidak mengganggu saat bermain game.

  • Hindari Bermain Game saat Charging

Sebaiknya tidak menggunakan atau bermain game saat ponsel sedang mengisi daya atau charging karena ponsel akan mengalami hawa yang lebih panas saat mengisi daya sehingga dapat membuat ponsel menjadi  lag. Bukan hanya itu, bermain game saat sedang mengisi daya juga dapat mengakibatkan ponsel lebih cepat rusak. Jadi, pastikan baterai ponsel Diammania sudah terisi penuh sebelum bermain ya.

Nah, itu dia 5 tips yang sudah Diamma.com rangkum untuk mengatasi lag pada ponsel saat bermain game. Semoga membantu ya, Diammania!

Penulis: Audria Dwi Kusuma
Editor: Indira Difa Maharani