Home Entertainment Masa Transisi 1 Sudah Dijalankan, Pastikan Tubuh Tetap Sehat Dengan Lakukan Cara...

Masa Transisi 1 Sudah Dijalankan, Pastikan Tubuh Tetap Sehat Dengan Lakukan Cara Ini

157
0
SHARE
Ilustrasi seorang perempuan yang sedang bekerja. Foto: Shutterstock

Diamma.com- Meskipun new normal belum sepenuhnya diberlakukan di Indonesia, namun demikian banyak masyarakat sudah mulai terlena dan mengabaikan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan.

Pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dilakukan oleh pemerintah agar masyarakat dapat beradaptasi dengan tatanan kehidupan yang baru. Kendati, kebijakan tersebut dianggap oleh sebagian masyarakat sebagai kebebasan untuk melakukan aktivitas yang tertunda.

Memang pada fase transisi ini semua sudah berangsur dijalankan. Namun juga perlu diingat, pandemi Covid-19 belum berakhir dan masyarakat belum sepenuhnya terbebas. Maka dari itu, masyarakat perlu menerapkan pola hidup bersih dan sehat sebagai langkah awal untuk mencegah gelombang kedua Covid-19 di Indonesia.

Berikut langkah-langkah yang harus diperhatikan guna mencegah Covid-19:

  1. Mencuci Tangan Secara Berkala

Minimal cuci tangan selama 20 detik menggunakan sabun dan air bersih yang mengalir guna menghilangkan kotoran dan virus yang menempel. Serta, lakukan cuci tangan sebelum makan, setelah makan, setelah batuk atau bersin dan memegang barang di tempat umum.

  1. Menyiapkan Hand Sanitizer

Gunakan hand sanitizer sesuai rekomendasi WHO yaitu hand sanitizer yang mengandung alkohol minimal 60 persen Jika kandungan alkohol pada hand sanitizer tidak sampai 60 persen maka ini hanya efektif membunuh bakteri yang berukuran lebih kecil, yakni 0,5-5 mikrometer.

  1. Jangan Sentuh Wajah

Walaupun hal ini terbilang sepele tetapi juga sulit terhindarkan. WHO menjelaskan Covid-19 dapat masuk ke dalam tubuh manusia melalui mulut, hidung, dan mata. Jika ingin menyentuh bagian wajah, pastikan tangan kalian selalu bersih.

  1. Konsumsi Makanan Bergizi

Usahakan untuk selalu konsumsi makanan yang memiliki gizi yang tinggi serta seimbangkan dengan buah-buahan dan suplemen guna meningkatkan daya tahan tubuh.

  1. Jaga Kebersihan Lingkungan

Selalu bersihkan lingkungan sekitar agar debu tidak menumpuk dan menjadi sarang virus. Gunakan disinfektan dalam membersihkan permukaan benda yang sering digunakan secara bersama.

  1. Bawa Alat Makan Sendiri

Pastikan untuk selalu membawa alat makan sendiri ketika sedang di luar rumah, hal tersebut demi terhindarnya dari Covid-19.

  1. Hindari Kontak Fisik

Selalu hindari kontak fisik langsung dengan orang lain, seperti tidak bersalaman atau berpelukan. Serta, pastikan untuk jaga jarak aman agar terhindar dari percikan air liur saat sedang berbicara.

Penulis: Berthy Johnry
Editor: Rahma Angraini