Home News Nasional Kembali Beroperasi, Ribuan Personel TNI-Polri Siap Awasi Kawasan Mal

Kembali Beroperasi, Ribuan Personel TNI-Polri Siap Awasi Kawasan Mal

377
0
SHARE

Salah satu personel TNI saat melakukan pengawasan pada masyarakat terkait jaga jarak di salah satu mal. Foto : ANTARA FOTO/Fauzan

Diamma.com- Berlakunya era new normal membuat sebagian besar mal dan pusat perbelanjaan kembali beroperasi. Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes, Yusri Yunus mengatakan, sebanyak 2.702 personel gabungan TNI-Polri dikerahkan untuk mengawasi 243 mal di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

“Terdiri 1.293 personel TNI dan 1.409 personel Polri. (Penjagaan) sampai ke dalam, kita kan sifatnya gini, yang jaga di situ TNI-Polri sama Satpol PP tapi yang di kedepankan TNI-Polri sesuai perintah pak Presiden,” kata Yusri, Senin (15/06), dilansir kompas.com.

Lebih lanjut, Yusri mengatakan penjagaan tersebut bertujuan untuk memastikan masyarakat disiplin mematuhi protokol kesehatan, seperti mengenakan masker dan menjaga jarak  saat berkunjung ke mal.

“Mendisiplinkan masyarakat sesuai dengan protokol kesehatan, mulai dari pakai masker hingga hindari kerumunan. Tapi dilakukan secara persuasif dan humanis. Caranya seperti apa? Mulai dari mereka masuk dari depan kita keliling sambil melihat-lihat, kalau ada salah, kita tegur,” kata Yusri.

Sebelumnya, sebanyak 80 mal di wilayah Jakarta tutup karena kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Meski saat ini mal kembali beroperasi,  namun fasilitas di dalamnya seperti bioskop, tempat bermain anak, pusat kebugaran, dan pameran masih ditutup.

(Baca: Kembali Buka, Sejumlah Mal Tawarkan Diskon Demi Tarik Pengunjung)

Penulis: Audria Dwi Kusuma
Editor: Indira Difa Maharani